logo
Hobi | Detail

Yuk Telusuri Gerakan Loncatan Dalam Senam Lantai

Wikku D. Nugroho
Rabu, 15 Juni 2022, 01:49 WIB
Yuk Telusuri Gerakan Loncatan Dalam Senam Lantai
Gerakan Lompat Harimau (Tiger Sprong) termasuk senam lantai yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

JAKARTA-Gerakan loncatan dalam senam lantai menjadi topik hangat yang akan dibahas pada kali ini. Senam lantai merupakan salah satu olahraga yang kini tengah populer di masyarakat luas. 

Beberapa manfaat bisa didapatkan dari senam lantai ini antara lain, menguatkan tulang, meningkatkan kekuatan otot dan membakar kalori dalam tubuh. 

Senam lantai terdiri dari beberapa gerakan dan lompatan. Setiap pesenam haruslah menguasai gerakan dan lompatan yang ada di senam lantai. Berikut Sportstars akan menampilkan informasi mengenai gerakan loncatan dalam senam lantai. 

Gerakan Loncatan dalam Senam Lantai

1. Lompat Harimau

Lompat harimau memiliki istilah lain yakni Tiger Sprong. Untuk melakukan gerakan lompat harimau ini pesenam tidak membutuhkan alat apapun. Hakikatnya gerakan lompat harimau ini sama seperti gerakan roll depan. 

Adapun caranya yakni, sikap badan jongkok, kedua tangan di depan badan, pandangan mata lurus ke area lompatan. Lalu gulingkan badan ke depan dengan bantuan dorongan kaki. Sikap akhir lompat harimau adalah badan jongkok dengan kedua tangan lurus di depan. 

2. Lompat Kangkang

Lompat Kangkang atau Straddle Vault adalah salah satu lompat senam yang dilakukan untuk melewati sebuah benda, posisinya duduk namun kedua kaki terbuka lebar.

Sebuah peti dijadikan sebagai alat untuk melatih lompat kangkang. Adapun tinggi peti untuk putri lompat kangkang adalah 104 cm sedangkan peti putra setinggi 136 cm.

Gerakan-gerakan untuk lompat kangkang adalah melakukan awalan dengan berlari secepat mungkin, badan condong ke depan. Luruskan kedua tangan dan sentuh peti.

Lakukanlah lompatan dengan posisi pinggul di atas bahu. Jadikan kedua tangan sebagai tumpuan saat melakukan gerakan loncat. Pendaratan dilakukan dengan posisi kedua tangan lurus ke atas dan lutut ditekuk.

Demikian informasi mengenai gerakan loncatan dalam senam lantai. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan senam lantai bagi para pembaca setia Sportstars. 
 

Editor : Hafid Fuad

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.3327 seconds [13]