Ragam Lainnya | Detail

Yuk Ketahui Ukuran Lapangan dan Berat Peluru dalam Tolak Peluru

Wikku D. Nugroho
Jum'at, 10 Juni 2022, 01:25 WIB
Yuk Ketahui Ukuran Lapangan dan Berat Peluru dalam Tolak Peluru
Tolak Peluru memiliki aturan permainan yang disepakati internasional. (Foto: Reuters)

JAKARTA-Ukuran lapangan dan berat peluru dalam tolak peluru jadi salah satu topik menarik untuk dibahas. Tolak peluru merupakan salah satu cabang olahraga yang sering dipertandingkan dalam dunia atletik. 

Dalam sejarahnya, tolak peluru lahir di Celtic, Skotlandia. Pada awalnya, tolak peluru dipertandingkan untuk menguji kekuatan para tentara khususnya tentara Yunani. Olahraga ini lalu mulai dipertandingkan di ajang Olimpiade Athena 1896. 

Sama seperti olahraga lainnya, tolak peluru juga memiliki peraturan tertulis yang harus dipatuhi oleh semua orang, termasuk aturan ukuran lapangan dan berat peluru. Berikut Sportstars akan menampilkan informasinya.

Ukuran Lapangan dan Berat Peluru dalam Tolak Peluru

Ukuran Lapangan

Lapangan tolak peluru terdiri dua bagian yakni sektor pendaratan dan area lingkaran tolak. Menurut Asosiasi Federasi Atletik Internasional (IAFF) ukuran lapangan memiliki diameter lingkaran tolakan adalah 2,135 m.

Lalu lingkaran ini dikelilingi ring besar setebal 66 mm serta tinggi 2 cm sebagai batas lingkaran. Kemudian pada sektor pendaratan adalah tanah dengan garis batas yang memiliki sudut 40 derajat dan ukuran minimal 25 meter. 

Area lingkaran tolak pada umumnya dibuat dari baja atau besi lain yang berbentuk lingkaran. Adapun ukuran bagian lainnya adalah sebagai berikut:

  1. Garis tengah Lapangan sekitar 2,135 meter.
  2. Ukuran lapangan tolak peluru yang berupa lanjutan garis tengah sekitar 0,75 meter.
  3. Balok lempar memiliki panjang 1,22 meter.
  4. Tebal balok sekitar 11,4 cm.
  5. Tinggi balok sekitar 10 cm.
  6. Sektor lemparannya memiliki sudut 45⁰.
  7. Lebar garis ialah 5 cm.
  8. Lingkaran lempar berasal dari besi yang tebalnya 66 mm dan tinggi 2 cm.

Berat Peluru

Berat peluru yang digunakan atlet putra dan putri pastilah memiliki banyak perbedaan, salah satunya adalah berat peluru. Dikutip dari beberapa sumber, berat peluru kelas junior putri adalah 3 kg dan untuk junior putra adalah 5 kg.

Sedangkan berat peluru untuk senior putri adalah 4 kg dan senior putra 7,25 kg. 

Demikian informasi seputar ukuran lapangan dan berat peluru dalam tolak peluru. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan setia pembaca Sportstars mengenai olahraga tolak peluru. 
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1507 seconds [13]