logo
Basket | Detail

Saatnya Ketahui Sejarah Bola Basket di Dunia dan di Indonesia

Wikku D. Nugroho
Kamis, 25 Agustus 2022, 17:47 WIB
Saatnya Ketahui Sejarah Bola Basket di Dunia dan di Indonesia
Sejarah Bola Basket di Dunia dan di Indonesia (Sumber: dbl)

JAKARTA-Sejarah bola basket di dunia dan di Indonesia menarik untuk dikulik. Bola basket merupakan olahraga yang biasa dimainkan oleh dua regu atau tim. Tiap tim terdiri dari lima pemain. Masing-masing pemain memiliki posisi dan perannya masing-masing. 

Diketahui jika olahraga bola basket pertama kali dimainkan oleh Dr. James Naismisth di Amerika Serikat pada 1891. Dari tahun ke tahun, olahraga bola basket semakin populer menembus semua belahan dunia, tak terkecuali di Indonesia.

Bagaimanakah asal mula dan sejarah bola basket pertama kali? Berikut Sportstars.id akan berikan ulasan lengkap mengenai sejarah bola basket di dunia dan di Indonesia;

Aksi pebasket Brooklyn Nets guard DeAndre Bembry merupakan salah satu gerak lokomotor, non Lokomotor dan manipulatif bola basket. (Foto: Reuters)

Sejarah Bola Basket di Dunia dan di Indonesia

Bola basket pertama kali ditemukan dan diperkenalkan oleh Dr. James Naismith pada 1891. Diketahui jika dirinya berprofesi sebagai guru di Sekolah Pelatihan Internasional YMCA di Massachussets, Amerika Serikat. 

Awal pemikiran dirinya menciptakan bola basket diawali ketika dirinya dipercaya sebagai instruktur oleh Kepala Departemen Pendidikan Jasmani Springfield, Luther Halsey Gulick Jr. 

Dr. James Naismith dan beberapa rekan instrukturnya memiliki tugas untuk menciptakan sebuah permainan olahraga yang dapat dimainkan oleh beberapa orang di dalam ruangan. Pasalnya pada saat itu, Amerika Serikat tengah masuk musim dingin. 

Sejak saat itulah, Dr. James Naismith menciptakan olahraga bola basket. Awalnya ia mengkonsep olahraga gabungan dari sepak bola, olahraga hoki dan sepak bola Amerika. Kala itu, bola basket awalnya dimainkan oleh 18 orang, namun kini dapat dimainkan oleh 5 orang saja tiap timnya.  

Bola basket mulai menyebar perkembangannya di Asia tepatnya di awal tahun 1990 an. Bola basket mulai berkembang di Indonesia pada tahun 1920. Kala itu perantau asal China menjadi pionir atas tumbuh dan kembangnya bola basket di tanah air. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1700 seconds [12]