logo
Bola Lainnya | Detail

Ini Pengertian Diving dalam Sepak Bola, Tabu Namun Tetap Dibutuhkan

Wikku D. Nugroho
Kamis, 22 September 2022, 19:24 WIB
Ini Pengertian Diving dalam Sepak Bola, Tabu Namun Tetap Dibutuhkan
Neymar Jr. dikenal sebagai pemain yang kerap melakukan aksi diving. (Foto: Sky Sports).

JAKARTA- Pengertian diving dalam sepak bola sangat seru untuk dibahas dalam dunia sepak bola. Semua para pecinta sepak bola pasti mengenal istilah ajaib satu ini. 

Yap, diving menjadi salah satu trik tabu namun tetap dilakukan para pesepakbola dunia sekalipun. Bukan hanya sekali dua kali, namun ada pemain yang dikenal sering melakukan diving. Hal itu jelas membuat pemain tersebut dibenci oleh banyak penggemar sepak bola. 

Lantaran hal itu sebagai bentuk sikap tidak sportif dan dapat mencederai semangat dalam olahraga. Lantas apa pengertian dari diving dalam sepak bola

Berikut ini Sportstars.id akan berikan ulasan lengkap mengenai pengertian diving dalam sepak bola;

Arjen Robben lakukan diving pada babak 16 besar Piala Dunia 2014 dalam laga antara Belanda vs Meksiko (FOTO: The Sportster).

Pengertian Diving dalam Sepak Bola

Diving merupakan kata dalam bahasa Inggris yang memiliki arti menyelam. Menurut beberapa sumber menyebutkan, diving adalah tindakan tidak sportif dari pemain yang secara sengaja menjatuhkan diri dan merespon kontak fisik secara berlebihan. 

Hal itu dilakukan agar tim mendapatkan hadiah penalti, tendangan bebas atau keuntungan lainnya. Secara tidak langsung dia menginginkan timnya dapat menang dengan mudah meskipun dengan cara yang terbilang tidak fair. 

Menurut FIFA, diving adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh pemain untuk mendapatkan keuntungan. Adapun keuntungan tersebut dilakukan secara curang dengan cara menjatuhkan diri secara sengaja di lapangan. 

Pemain tersebut menunjukan ekspresi berlebihan seperti kesakitan. Dirinya mengharapkan agar pemain yang melakukan pelanggaran tersebut mendapatkan kartu kuning maupun merah. 

Seiring berjalannya waktu, FIFA pun menerapkan teknologi VAR atau Video Assistant Referee. Dimana penerapan teknologi tersebut digunakan oleh wasit untuk mengawai setiap gerak-gerik setiap pemain di dalam lapangan. 

Hal itu disinyalir dapat memudahkan wasit untuk mengambil keputusan-keputusan krusial. Sehingga dengan adanya penggunaan VAR, wasit dapat memberikan keputusan yang tidak memberikan kerugian bagi kedua tim. 

Dengan adanya VAR, diharapkan wasit dapat memberikan hukuman bagi setiap pemain yang kedapatan melakukan diving. Maka dari itu, pertandingan sepak bola dapat berjalan secara sportif dan fair play. 

Demikian ulasan dari Sportstars.id mengenai pengertian diving dalam sepak bola. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca setia Sportstars.id dimanapun berada. 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1599 seconds [12]