logo
Hobi | Detail

Berikut Jumlah Base yang Harus Dilalui oleh Pemain dalam Softball atau Rounders

Wikku D. Nugroho
Jum'at, 26 Agustus 2022, 17:55 WIB
Berikut Jumlah Base yang Harus Dilalui oleh Pemain dalam Softball atau Rounders
Jumlah Base yang Harus Dilalui oleh Pemain dalam Softball Atau Rounders (Sumber: PON XX).

JAKARTA-Jumlah base yang harus dilalui oleh pemain dalam softball atau rounders menarik untuk diulas. Olahraga softball dan rounders merupakan beberapa olahraga bola kecil terpopuler di dunia. 

Dua olahraga ini dimainkan oleh berbagai kalangan tak terbatas dengan usia ataupun gender. Baik softball dan rounders dimainkan oleh dua regu tim. Tim softball masing-masing tim berisikan sembilan pemain. Sedangkan rounders setiap tim memainkan 12 pemain. 

Softball dan rounders memiliki teknik permainan yang hampir mirip. Kedua olahraga ini menggunakan stik kayu dan bola berukuran bola tenis. Untuk mendapatkan poin, setiap pemain haruslah melewati base-base di lapangan. Lalu berapakah base yang ada dalam softball dan rounders?

Berikut Sportstars.id akan berikan ulasan lengkap jumlah base yang harus dilalui oleh pemain dalam softball atau rounders;

 Tim Softball Wanita Italia Hadapi AS di Laga Pembuka Olimpiade Tokyo 2021

Jumlah base yang harus dilalui oleh pemain dalam Softball atau Rounders

Lapangan softball berbentuk bujur sangkar atau persegi. Adapun jumlah base yang tersedia di lapangan softball yakni sejumlah empat base. Base tersebut terdiri dari base 1, base 2, base 3 dan home base. 

Selain itu, lapangan rounders berbentuk persegi lima. Jumlah base di lapangan rounders yakni sejumlah lima base. 

Posisi dan Tugas Pemain Softball dan Rounders

Setiap tim Softball memiliki pemain yang berposisi berbeda-beda, berikut posisinya. 

Batter

Pemain ini bertugas sebagai pemukul bola dalam permainan softball. Setelah dia berhasil memukul bola, dia diharuskan untuk berlari melewati tiap base dan mencapai home plate. Hal itu dilakukan agar tim mendapatkan poin. 

Cathcher

Cathcer memiliki tugas untuk menangkap bola yang gagal dipukul oleh batter. Bola tersebut sebelumnya dilempatkan Pemain ini berdiri tepat di belakang batter. Pemain ini diharuskan memiliki genggaman tangan yang kuat agar bola tidak mudah terlepasd dari tangan. 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1716 seconds [12]