logo
Hobi | Detail

Yuk Cek Biaya Denda Tilang Tidak Pakai Helm, Biar Tidak Kaget

Wikku D. Nugroho
Rabu, 21 September 2022, 22:59 WIB
Yuk Cek Biaya Denda Tilang Tidak Pakai Helm, Biar Tidak Kaget
Cek Biaya Denda Tilang Tidak Pakai Helm. (Foto: freepik).

JAKARTA- Mari cek biaya denda tilang tidak pakai helm menjadi informasi yang sering dicari oleh banyak orang. Setiap pengendara kendaraan bermotor haruslah mengikuti peraturan keselamatan berkendara.

Peraturan yang hendaknya ditaati adalah menggunakan helm. Benda satu ini merupakan salah satu komponen penting dalam mengendarai kendaraan bermotor. 

Adapun fungsi dan kegunaan helm adalah melindungi kepala dari benturan. Tak hanya itu, kaca dari helm juga berfungsi untuk melindungi wajah dari debu dan kotoran. Helm yang dikenakan haruslah sesuai SNI. 

Namun jika pengendara tidak dapat menaati peraturan penggunaan helm, maka bersiaplah untuk mendapatkan sanksi berupa tilang. Berikut ini Sportstars.id akan berikan ulasan mengenai cek biaya denda tilang tidak pakai helm;

JAKARTA - Sejumlah Anggota Polisi Wanita (Polwan) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya melakukan atraksi di atas motor gede (moge) saat latihan dengan putaran ekstrem hingga standing di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (27/10/2021). Aks

Cek Biaya Denda Tilang Tidak Pakai Helm

Seperti yang tertuang dalam UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan Angkutan Jalan pada pasal 291 ayat 1 berbunyi "Setiap pengendara atau penumpang sepeda motor yang tak mengenakan helm standar nasional dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp 250 ribu".

Selain itu, para pengendara kendaraan bermotor hendaknya memakai helm berstandar SNI. Hal ini sudah tertuang dalam pasal 921 ayat 2 yang berbunyi, "Sebagaimana dimaksud dalam pasal 106 ayat (8)". Pasal tersebut menyinggung baik pengendara maupun penumpang wajib memakai helm berstandar SNI.

Sebelumnya pasal 106 ayat 8 berbunyi, "Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor dan Penumpang Sepeda Motor wajib mengenakan helm yang memenuhi standar nasional Indonesia."

Adapun bagi pengendara kendaraan bermotor yang tidak menggunakan helm ber-SNI akan dikenakan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250 ribu sesuai yang tertuang dalam pasal 106 ayat 8. 

Jika ditotal maka setiap pengendara kendaraan bermotor yang terkena tilang tidak memakai helm maka akan dikenakan tilang yang totalnya mencapai Rp500 Ribu. 

Demikian informasi dari Sportstars.id mengenai cek biaya denda tilang tidak pakai helm. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pembaca setia Sportstars.id dimanapun berada.  

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1669 seconds [12]