logo
Hobi | Detail

3 Cara Memegang Bola Softball Yang Perlu Diketahui

Wikku D. Nugroho
Sabtu, 27 Agustus 2022, 18:30 WIB
3 Cara Memegang Bola Softball Yang Perlu Diketahui
Yuk Ketahui Cara Memegang Bola Softball. (Sumber: NCAA).

JAKARTA-Cara memegang bola softball menarik untuk diulas. Softball merupakan salah satu olahraga bola kecil yang populer di dunia. Olahraga ini dimainkan oleh dua regu. Masing-masing regu beranggotakan sembilan pemain utama.

Setiap regu atau tim memiliki kesempatan untuk menjadi tim pemukul dan penjaga. Untuk meraih kemenangan, para pemain diharuskan untuk menguasai teknik-teknis dasar, termasuk cara memegang bola.

Lalu bagaimanakah cara memegang bola olarhaga softball yang baik dan benar? Berikut ini Sportstars.id akan berikan ulasan lengkap mengenai cara memegang bola softball;

Pelempar baseball (Foto: REUTERS)

Cara Memegang Bola Softball

Dalam permainan softball ada tiga macam cara memegang bola, yaitu pegangan dua jari (two finger grip), pegangan tiga jari (three finger grip), pegangan empat jari (four finger grip). Berikut teknik memegang softball yang baik dan benar. 

1. Pegangan Dua Jari (Two Finger Grip)

Pegangan dua jari memiliki nama lain yakni two finger grip. Untuk melakukan teknik pegangan dua jari, posisikan jari telunjuk dan jari tengah memegang permukaan atas bola. Sedangkan ketiga jari lainnya memegang permukaan bola lainnya. 

Bola softball tidak akan lepas, meskipun bola dipegang hanya menggunakan dua jari. Namun, lemparan back spin akan dihasilkan apabila menggunakan teknik pegangan dua jari atau two finger grip. 

Lemparan bola back spin terjadi lantaran lemparan lintasan bola menjadi datar. Hal itu membuat putaran bola akan mengarah ke belakang. Kekuatan putaran back spin tersebut berasal dari lecutan bola yang dilempar menggunakan dua jari. 

2. Pegangan Tiga Jari 

Pegangan tiga jari memiliki nama lain three finger grip. Teknik pegangan bola softball satu ini mengandalkan tiga jari dalam memegang bola softball. 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1939 seconds [12]