logo
Hobi | Detail

Yuk Ketahui Cara Bulking yang Benar dan Tepat, Ampuh Menambah Massa Otot!

Wikku D. Nugroho
Kamis, 11 Agustus 2022, 03:32 WIB
Yuk Ketahui Cara Bulking yang Benar dan Tepat, Ampuh Menambah Massa Otot!
Cara Bulking yang Benar dan Tepat (Foto: evofitness)

JAKARTA-Cara bulking yang benar dan tepat menarik untuk diulas agar tidak salah. Memiliki massa otot tubuh yang ideal merupakan impian banyak orang. Banyak dari mereka yang melakukan berbagai hal untuk menambah massa otot, termasuk bulking

Untuk diketahui, bulking merupakan latihan untuk mengatur berat badan untuk mendapatkan massa dan kekuatan otot yang diinginkan. Bagaimanakah cara bulking yang benar dan tepat? Berikut Sportstars.id akan berikan ulasan lengkapnya;

Cristiano Ronaldo memperlihatkan menu makanannya.

Cara Bulking yang Benar dan Tepat

  1. Lakukan Latihan Berkualitas

Cara bulking yang benar dan tepat diawali dari melakukan latihan berkualitas. Pemula diharuskan untuk mengambil porsi latihan dengan repetisi rendah dan sederhana. Hal itu guna membentuk fondasi otot. Dengan memaksa memulai latihan berat justru akan merusak otot tubuh. 

Selain itu, kondisi tubuh sebelum latihan haruslah dalam keadaan bugar dan sehat. Hal ini akan mempengaruhi sistem kerja otot. Melakukan olahraga saat tubuh tidak fit akan membuat tubuh semakin drop.

  1. Memperhatikan Kadar Lemak

Selanjutnya adalah memperhatikan kadar lemak. Hasil bulking yang baik adalah lemak menurun dan bobot bertambah. Dalam hal ini, seseorang yang melakukan bulking haruslah mengontrol kadar lemak dalam tubuhnya.

Mengontrolnya dengan menggunakan alat body-fat monitor. Alat ini berfungsi untuk memberikan indikator apakah seseorang sudah menjalankan proses bulkingnya dengan benar atau belum. 

  1. Atur Pola Makan 

Ketika bulking cobalah untuk memperbanyak mengkonsumsi sumber karbohidrat seperti oats, gandum dan umbi-umbian. Adapun susu protein rendah lemak dijadikan salah satu sumber protein untuk meningkatkan massa otot. 

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.3040 seconds [12]