logo
MotoGP | Detail

Yamaha Tetap Gunakan Mesin Lama untuk MotoGP 2023

Cikal Bintang Raissatria
Kamis, 19 Januari 2023, 16:30 WIB
Yamaha Tetap Gunakan Mesin Lama untuk MotoGP 2023
Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli ikut peluncuran tim dan motor baru Monster Energy Yamaha di Hotel St. Regis, Kuningan, Jakarta, Selasa (17/1/2023) pagi WIB (Foto: MPI/Muhamad Fadli Ramadan)

LESMO – Tim Yamaha akan tetap menggunakan mesin lama pada YZR-M1 versi terbaru untuk MotoGP 2023. Hal itu dikonfirmasi langsung oleh manajer tim, Massimo Allegri pada peluncuran motor terbaru mereka.

Meregalli menjelaskan, mesin baru akan digunakan pada kompetisi musim selanjutnya. Sebagaimana diketahui, Yamaha terus mengembangkan motornya untuk bersaing di MotoGP 2023. Setelah dikalahkan Ducati pada 2022, tim yang bermarkas di Iwata, Jepang itu terus berbenah dari sisi teknis maupun mental.

Yamaha juga telah merekrut sosok Luca Marmorini pada pertengahan musim lalu. Marmorini merupakan sosok yang dipercaya untuk mengembangkan mesin motor menjadi lebih baik. Tentunya, Yamaha berharap mampu terus bersaing.

Namun, Meregalli mengatakan pengembangan mesin baru Yamaha tidak akan dipamerkan pada MotoGP 2023. Mesin yang tidak jauh berbeda dengan dua musim sebelumnya, kata Meregalli, akan digunakan untuk sementara.

“Prioritasnya adalah meningkatkan kecepatan. Angka-angka yang ditunjukkan para insinyur kepada kami sangat menghibur. Tapi kami juga berkonsentrasi pada aerodinamika dan, yang terpenting,” kata Meregalli soal mesin di MotoGP 2023, dilansir dari Corsedimoto, Kamis (19/1/2023).

Setelah itu, Meregalli menjelaskan Yamaha baru akan memamerkan mesin baru hasil racikan Marmorini pada MotoGP 2024. Namun, Meregalli mengatakan mesin yang akan digunakan untuk sementara sudah melalui sejumlah pengecekan sebelum tes pramusim MotoGP 2023.

“Buah dari kolaborasi dengan Marmorini akan terlihat pada tahun 2024. Mesin tahun ini masih anak dari tahun 2021 dan 2022,” jelas Meregalli.

“Kami mencoba terlalu banyak hal bersama atau dalam urutan yang salah, dan apa yang diberikan mesin, sesuatu yang lain hilang. Untungnya itu terjadi di Valencia dan kami bisa memperbaikinya, itu akan jauh lebih buruk di Sepang,” tandasnya.
 

Editor : Admiraldy Eka Saputra

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.2058 seconds [12]