logo
MotoGP | Detail

Yamaha Rekrut Insinyur Pengembang Suzuki untuk MotoGP 2023

Quadiliba Al-Farabi
Rabu, 05 Oktober 2022, 08:45 WIB
Yamaha Rekrut Insinyur Pengembang Suzuki untuk MotoGP 2023
Kru Monster Energy Yamaha saat merayakan kemenangan Fabio Quartararo (Foto: Yamaha MotoGP)

LESMO - Yamaha bergerak cepat untuk menambah kekuatan mereka jelang MotoGP 2023. Tak tanggung-tanggung, pabrikan asal Jepan itu dikabarkan akan merekrut Insyinyur Pengembangan (Development Engineer) andalan Suzuki Dr. Thomas O’Kane.

Keputusan Suzuki untuk absen di MotoGP 2023 memungkinkan beberapa tim untuk merekrut orang-orang di dalamnya. Perlombaan dimulai  dari tim Aprilia yang langsung menggaet kepala Mekanik bagi Alex Rins, Manuel Cazeaux.

Kemudian, selama MotoGP Jepang 2022 pada 25 September lalu, tersiar kabar bahwa chief engineer Joan Mir, Frankie Carchedi, akan bergabung dengan jajaran Gresini Racing untuk bekerja bersama Fabio Di Giannantonio.

Kini Yamaha mendaftarkan Thomas O'Kane untuk MotoGP 2023.  Insinyur asal Irlandia itu telah berada di garasi Suzuki sejak 2005. Dia pernah bekerja untuk Chris Vermeulen antara 2006 dan 2009 dan Aleix Espargaro pada 2015 dan 2016. 

Sejak itu , dia berganti-ganti jabatan mulai dari Technical Direction hingga terlibat dalam pengembangan GSX-RR, sebagai pemimpin tim test driver Sylvain Guintoli. Dengan demikian, dia memainkan peran penting dalam mengembangkan GSX-RR.

Tim Yamaha memiliki tujuan menyiapkan motor M1 yang sangat kompetitif untuk Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli di musim depan. Penandatanganan Thomas O’Kane ini juga bentuk jaminan kepada Quartararo yang dipertahankan dua tahun ke depan.

Tak hanya Thomas O’Kane, sebelumnya Yamaha juga kedatangan ahli mesin berpengalaman di Formula 1 Luca Marmorini. Harapannya, motor YZR-M1 para pembalap mereka lebih bertenaga.

MotoGP 2022 tinggal menyisakan tiga seri lagi. Persaingan menjadi juara dunia semakin ketat. Quartararo masih menempati peringkat pertama dengan 219 poin tapi hanya terpaut dua poin dengan Francesco Bagnaia dari Ducati di bawahnya.
 

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1957 seconds [13]