logo
MotoGP | Detail

Yamaha M1 2023 Kurang Bertenaga di Tes Pra Musim, Massimo Meregalli Tak Khawatir

Andhika Khoirul Huda
Rabu, 16 November 2022, 08:46 WIB
Yamaha M1 2023 Kurang Bertenaga di Tes Pra Musim, Massimo Meregalli Tak Khawatir
Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) terduduk lesu di garasi usai balapan MotoGP Valencia 2022 (Foto: Yamaha MotoGP)

VALENCIA – Motor Yamaha M1 2023 yang ditunggangi Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli selama tes di Valencia pada 9 November 2022 lalu dirasakan kurang bertenaga. Meski begitu, Manajer Yamaha, Massimo Meregalli tak khawatir.

Dalam tes pertama setelah musim 2022 berakhir di Valencia pada pekan lalu, Yamaha berkutat dengan masalah pada mesin M1 2023. El Diablo -julukan Quartararo- kalah dari pemimpin kecepatan tertinggi, yakni Francesco Bagnaia dari Ducati Lenovo.

Yamaha tak hanya tertinggal dari Ducati dari segi kecepatan tertinggi, tetapi juga kalah dari Honda RC213V yang dikendarai Marc Marquez. Juara MotoGP enam kali itu mencatatkan top speed di angka 332,1 km/jam.

Meregalli berharap motor anyar tim pabrikan Iwata itu bisa melaju lebih cepat lagi. Dia pun tak mengerti mengapa M1 2023 kekurangan tenaga di Valencia, mengingat dalam tes yang dilakukan tes rider mereka, Carl Cruthlow di Jerez.

“Sekarang data sedang dievaluasi untuk memahami mengapa ini terjadi karena ketika Cal Crutchlow menguji di Jerez, dia memberi tahu kami bahwa mesinnya memiliki tenaga yang cukup. Pasti ada yang tidak beres,” kata Meregalli dilansir dari Speedweek, Rabu (16/11/2022).

“Sayangnya, satu hari tidak cukup untuk memeriksa semua data. Kami memiliki program intensif yang tersebar sepanjang hari dan juga harus memperhatikan aerodinamika dan sasis motor,” tambahnya.

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2151 seconds [12]