logo
Balap Lainnya | Detail

WSBK Mandalika Jadi Ajang Balap Terfavorit Ketiga di Tahun 2021

Quadiliba Al-Farabi
Rabu, 01 Desember 2021, 02:30 WIB
WSBK Mandalika Jadi Ajang Balap Terfavorit Ketiga di Tahun 2021
Jonathan Rea berhasil memenangi race 2 WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika (FOTO: WSBK).

AJANG balap World Superbike (WSBK) 2021 yang digelar di sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia ternyata menjadi yang terfavorit ketiga di tahun 2021. WSBK Mandalika hanya kalah dari MotoGP dan Formula 1. 

Hal itu diklaim laman Crash pada Selasa (30/11/2021). Kejuaraan WorldSBK 2021 berlangsung mendebarkan, sengit, dan unik. 

Ajang ini menyajikan persaingan gelar juara antara pembalap, Toprak Razgatlioglu dan Jonathan Rea dari Kawasaki. Tak hanya itu, yang lebih spesial lagi adalah diselenggarakan pada sirkuit baru yang belum pernah diketahui para pembalap sebelumnya. 

Ya, sirkuit itu terletak di Mandalika, Indonesia. Musim WorldSBK 2021 dinilai laman Crash sebagai salah satu yang terbaik sepanjang sejarah. Di mana Razgatlioglu, Rea dan Scott Redding menghasilkan pertarungan sengit sepanjang musim yang luar biasa.

Razgatlioglu merebut gelar pada balapan pertama sepanjang kariernya padahal hanya finis kedua di race 1 dan keempat di race 2. Sementara, Rea yang memenangkan kedua balapan Mandalika sudah dinyatakan gagal juara sejak race 1.

Perebutan gelar tersebut cukup mirip dengan di F1 di musim ini. Di mana saat ini Max Verstappen dan Lewis Hamilton hanya terpaut delapan poin dengan dua balapan tersisa. Diprediksi kejar-kejaran poin akan berlangsung hingga detik terakhir.

Persaingan sengit di WSBK Mandalika juga mirip dengan gelaran MotoGP 2021. Ya meski Fabio Quartararo relatif nyaman menjadi juara dengan tiga balapan tersisa, ia terkaget-kaget dengan rivalnya, Francesco Bagnaia. 

Bagnaia berhasil merebut keunggulan 50 poin plus dan menipiskan poin di klasemen menjadi hanya 26 berkat kemenangan di Portimao dan Valencia. Tapi persaingan Rea dan Toprak sudah cukup membuat WSBK Mandalika jadi terfavorit ketiga tahun ini.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2042 seconds [12]