logo
Balap Lainnya | Detail

WSBK Indonesia 2022: Syarat Alvaro Bautista Segel Titel Juara Dunia di Mandalika

Wikanto Arungbudoyo
Rabu, 09 November 2022, 13:29 WIB
WSBK Indonesia 2022: Syarat Alvaro Bautista Segel Titel Juara Dunia di Mandalika
Alvaro Bautista (Aruba Racing Ducati) selangkah lagi mengunci titel juara dunia WSBK 2022 (Foto: Instagram/@abautista19)

LOMBOK – Alvaro Bautista bisa memastikan titel juara dunia WSBK 2022 (World Superbike 2022) akhir pekan ini. Balapan WSBK Indonesia 2022 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) bakal berarti penting.

Sekadar informasi, Bautista saat ini memimpin klasemen WSBK 2022 dengan nilai 507. Pembalap tim Aruba Racing Ducati itu unggul 82 poin dari sang juara bertahan Topak Razgatlioglu yang berada di urutan dua.

WSBK 2022 sendiri tinggal menyelesaikan dua seri, yakni Indonesia dan Australia. Poin maksimal yang tersedia dari dua seri tersebut adalah 124. Angka maksimal itu didapat dari dua kali menang race (50, masing-masing race bernilai 25) di tiap seri plus start terdepan pada Super Pole Race (12).

Itu berarti, Bautista hanya perlu mempertahankan selisih 82 poin yang dimiliki hingga kelar seri Indonesia. Andai kehilangan poin pun, jumlahnya tidak boleh sampai 20. 

Alvaro Bautista (Aruba Racing Ducati) melaju di depan juara dunia bertahan Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha Brixx) pada seri Catalunya (Foto: Instagram/@abautista19)
Alvaro Bautista (Aruba Racing Ducati) melaju di depan juara dunia bertahan Toprak Razgatlioglu (Pata Yamaha Brixx) pada seri Catalunya (Foto: Instagram/@abautista19)

Berkaca pada hasil yang diraih sepanjang musim ini, Bautista amat berpeluang mengunci titel juara dunia WSBK 2022 di Mandalika. Pembalap asal Spanyol itu memenangi 20 balapan dari total 10 seri yang sudah berlangsung.

Bautista bahkan hanya sekali gagal memenangi balapan, tepatnya pada seri WSBK Inggris 2022 di Sirkuit Donington Park, Leicestershire. Pembalap berusia 37 tahun itu gagal finis pada Race 1 dan hanya masuk di posisi dua pada Race 2. 

Melihat hasil tersebut, amat mungkin Bautista memenangi salah satu dari dua balapan di Indonesia. Hebatnya lagi, dia konsisten finis di podium dalam 19 dari 20 balapan. Modal konsistensi itu amat berharga dalam persaingan juara dunia WSBK 2022.

Oleh karena itu, Bautista hanya perlu memastikan finis di depan Razgatlioglu pada Race 1, Superpole Race, dan Race 2 WSBK Indonesia 2022. Dengan demikian, selisih poinnya bisa semakin lebar. Lebih bagus lagi, mantan pembalap MotoGP itu menang di salah satu balapan, demi memuluskan langkah.

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1888 seconds [12]