logo
Balap Lainnya | Detail

Wow Ternyata Jenis dan Kode Warna Ban di Formula 1, Kunci Juara!

Okta Novanto
Senin, 12 September 2022, 18:45 WIB
Wow Ternyata Jenis dan Kode Warna Ban di Formula 1, Kunci Juara!
Juara balapan F1 ternyata ditentukan oleh strategi menentukan jenis ban (Foto: Reuters).

JAKARTA - Jenis dan kode warna ban di Formula 1 menjadi informasi yang menarik untuk dibahas. Formula 1 atau F1 merupakan salah satu ajang balap mobil mobil tercepat di dunia, bahkan kecepatannya mencapai 379 km/jam.

Salah satu komponen penting pada mobil khususnya mobil F1 yaitu ban. Ban merupakan kaki dari mobil yang digunakan untuk pijakan melaju sehingga fungsinya sangat krusial.

Ban mobil F1 memiliki jenis dan kode khusus yang menandakan spesifikasi ban tersebut. Berikut informasi mengenai jenis dan kode warna ban di formula 1 yang telah sportstars rangkum dari berbagai sumber;

Kru Red Bull Racing mengganti ban di mobil Max Verstappen pada F1 GP Hungaria 2022 (Foto: Reuters/Attila Kisbenedek)

Jenis dan Kode Warna Ban di Formula 1

Sejak Pirelli menjadi pemasok tunggal, pemilihan ban merupakan salah satu faktor utama yang menentukan hasil balapan di Formula 1. Ban Formula 1 terdiri dari dua jenis yaitu ban kering dan ban basah.

Umum diketahui bila ban kering memiliki permukaan yang licin, polos dan halus (slick), sedangkan ban basah memiliki tapak (threaded).

Ban kering dengan permukaan slick terdiri dari 3 kode warna berbeda, yaitu:

  • Hard (Putih) : daya cengkeram paling rendah tetapi memiliki daya tahan atau durability paling tinggi. Biasaya digunakan oleh pembalap yang hanya ke pit stop sekali selama balapan.
  • Medium (Kuning): daya cengkeram setingkat lebih baik, sedangkan durabilitynya setingkat lebih rendah.
  • Soft (Merah) : Daya cengkeram dari ban ini merupakan yang paling lemah tetapi lebih cepat optimal saat digunakan karena cepat panas. Tetapi durabilitynya sangat lemah sehingga harus mengganti ban di tengah pertandingan.

Ban basah merupakan jenis ban yang memiliki tapak terdiri dari 2 kode warna berbeda, yaitu:

  • Intermediate (Hijau): Dipakai jika trek licin tapi tak ada genangan air. Biasanya pergantian dilakukan ketika tiba-tiba hujan dan memiliki kemungkinan akan segera reda.
  • Full Wet (Biru): Ban ini dipakai jika ada genangan air di trek. Biasanya sudah dipakai sejak awal karena sebelum balapan sudah hujan deras dan menimbulkan genangan air.

Demikian informasi mengenai jenis dan kode warna ban di formula 1, semoga dapat menambah wawasan bagi pembaca setia sportstars.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.3396 seconds [13]