logo
Ragam Lainnya | Detail

Wow! Kiromal Katibin Pecahkan Rekor Dunia Panjat Tebing Lagi

Andika Rachmansyah
Sabtu, 09 Juli 2022, 10:20 WIB
Wow! Kiromal Katibin Pecahkan Rekor Dunia Panjat Tebing Lagi
Kiromal Katibin terus memecahkan rekor dunia panjat tebing (Foto: Instagram/@kiromalk)

CHAMONIX – Atlet panjat tebing Indonesia, Kiromal Katibin, kembali memecahkan rekor dunia. Kali ini, dia mencatat ulang rekor dunia speed dengan catatan waktu lima 5,00 detik. 

Rekor barunya ini Kiromal raih di babak kualifikasi Men’s Speed IFSC Climbing World Cup 2022 (Piala Dunia Panjat Tebing) di Chamonix, Prancis, Jumat (8/7/2022) malam waktu setempat. Dia memecahkan rekor atas namanya sendiri dengan catatan 5,04 detik.

Informasi tersebut didapat dari akun instagram resmi Federasi Panjat Tebing Indonesia (FTPI). Dalam video yang diunggah, Kiromal terlihat beraksi bak Spiderman. Atlet asal Batang itu tampil sangat cepat sehingga sukses mempertajam rekor dunia yang sebelumnya dia pecahkan.

Rekor dunia sebelumnya dicatatkan saat tampil di Villars, Swiss, pada 30 Juni 2022. Kiromal mencetak rekor dunia dengan waktu 5,04 detik. Itu berarti, dia mempertajam rekornya 0,04 detik.

Atlet Panjat Tebing Indonesia, Kiromal Katibin (Foto Olympic)
Atlet Panjat Tebing Indonesia, Kiromal Katibin (Foto: Olympic)

Tentu saja ini kabar yang sangat menggemberikan. Sebab, atlet berusia 21 tahun itu  lagi-lagi mampu mengharumkan nama bangsa lewat aksinya memanjat tebing.

Bisa dibilang, Kiromal merupakan spesialis pemecah rekor dunia. Bagaimana tidak? Dia terhitung sudah lima kali memecahkan rekor dunia panjat tebing.

Dia mulai memecahkan rekor dunia pada 29 Mei 2021 kala beraksi di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat. Kiromal mencatat rekor dunia dengan waktu 5,25 detik. Rekor kembali dia ciptakan di Seoul, Korea Selatan pada 6 Mei 2022 dengan waktu 5,17 detik.

Lalu, catatan waktunya berhasil dipertajam menjadi 5,10 detik pada 27 Mei 2022 di Salt Lake City, Amerika Serikat. Dengan semua pencapaiannya ini, tentu kita berharap Kiromal mempertahankan konsistensinya hingga tampil di Olimpiade Paris 2024.
 

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1713 seconds [13]