Tim Nasional | Detail

Witan Gabung, Kans Lima Pemain Klub Luar Negeri Main Bersama Pada Leg Kedua Timnas Indonesia vs Taiwan

Furqon Al Fauzi
Sabtu, 09 Oktober 2021, 10:15 WIB
Witan Gabung, Kans Lima Pemain Klub Luar Negeri Main Bersama Pada Leg Kedua Timnas Indonesia vs Taiwan
Witan Sulaiman sudah bergabung bersama timnas Indonesia jelang leg kedua melawan Taiwan (Foto: PSSI)

BURIRAM - Witan Sulaeman sudah tampak dalam latihan bersama timnas Indonesia jelang laga leg kedua menghadapi Taiwan pada Play-off Kualifikasi Piala Asia 2023, Senin (11/10/201)

Pemain asal klub Polandia Lechia Gdansk tersebut sempat mengalami kendala penerbangan sehingga harus absen pada leg pertama yang dimenangkan Timnas Indonesia dengan skor tipis 2-1, Kamis (7/10/2021). 

Kini dengan bergabungnya Witan, lengkap sudah pemain Timnas Indonesia yang berkiprah di klub luar negeri. Seperti diketahui, setidaknya ada lima pemain di skuad timnas Indonesia asuhan pelatih Shin Tae-yong saat ini yang berkarier di klub luar negeri baik di Eropa maupun Asia.

Mereka antara lain Egy Maulana Vikri (FK Senica), Ryuji Utomo (Penang FC), Asnawi Mangkualam Bahar (Ansan Greeners), Syahrian Abimanyu (Johor Darul Ta'zim), dan Witan.

Dan bukan tidak mungkin, kelima pemain tersebut akan menjadi andalan Shin Tae-yong untuk mengamankan tempat di Kualifikasi Piala Asia 2022 pada leg kedua yang akan berlangsung pada Senin (11/10/2021) di Chang Arena, Buriram, Thailand.

Artinya, separo kekuatan Timnas Indonesia nanti akan diwarnai sejumlah pemain yang tengah meniti karier di luar negeri. Pada leg pertama lalu, hanya tiga pemain yang mendapat kesempatan tampil yakni Asnawi, Egy, dan Abimanyu. 
Namun hanya Asnawi yang bermain sebagai starter sementara Egy dan Syahrian Abimanyu tampil sebagai pemain pengganti.

Sedangkan Ryuji hanya duduk di bangku cadangan. Jika benar kelima pemain tersebut akan dimainkan, kekuatan Timnas Indonesia diyakini akan lebih dahsyat. Sebab, hampir di semua lini kecuali kiper akan terdapat pemain yang telah mendapat tempaan di klub luar negeri.

Kombinasi Witan, Abimanyu, dan Egy yang sudah sering bermain bersama saat di timnas U-19 bisa menjadi solusi dari minimnya efektivitas Timnas Indonesia di laga pertama. Hal itu bahkan dikeluhkan Shin Tae-yong dengan mengatakan timnas Indonesia seharusnya bisa menang dengan skor yang lebih besar.

"Pertama masalah penyelesaian akhir untuk menjadi gol masih belum oke. Lalu pemain kurang fokus hingga laga selesai yang mengakibatkan kita kebobolan. Untuk itu sisa dua hari hari latihan ini, kami akan memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada di tim ini," kata Shin Tae-yong dikutip dari laman resmi PSSI.
 

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.8010 seconds [12]