Basket | Detail

Wendha Wijaya Siap Cetak Sejarah di Ajang Basket Indonesia

Hadi Febriansyah
Rabu, 05 Januari 2022, 10:50 WIB
Wendha Wijaya Siap Cetak Sejarah di Ajang Basket Indonesia
Pebasket milik Dewa United Surabaya, Wendha Wijaya (Media Dewa United Surabaya)

SURABAYA - Pebasket milik Dewa United Surabaya, Wendha Wijaya mangaku siap untuk mencetak rekor sekaligus mencatatkan sejarah menjadi pebasket profesional dengan karier terpanjang di Indonesia. 

Pada kompetisi IBL 2022 yang dimulai 15 Januari nanti, point guard Dewa United itu akan menjalani musim ke-21 sepanjang kariernya.

Perjalanan panjang Wendha diawali pada 1997 saat dirinya bergabung dengan klub basket Halim Kediri. Selepas itu, dia tampil di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) pada 1999 mewakili Jawa Timur dan meraih medali emas.

Penampilan gemilangnya dilirik pencari bakat Satria Muda dan ditawari bergabung pada 2000 diawali masuk tim junior. Debutnya bermain di level profesional akhirnya terjadi di 2001 saat promosi ke tim utama Satria Muda dan bermain di liga Kobatama.

"Di SM saya bermain 10 tahun lah sampai 2010. Setelah itu saya pindah ke Garuda Bandung sampai 2017, lalu saya pindah ke NSH Jakarta. Tahun 2019 saya pindah ke Louvre yang kemudian kini berubah identitasnya menjadi Dewa United Surabaya," kisah pemain 38 tahun tersebut.

Segudang pengalaman dan sederet prestasi tentunya telah diraih Wendha selama menjadi pebasket profesional. Namun, dia mengakui ada satu pencapaian yang sangat berkesan selama menjadi pemain profesional.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1081 seconds [13]