logo
Bola Lainnya | Detail

Wasit Ukir Sejarah Keluarkan Kartu Putih di Kompetisi Sepak Bola, Apa Artinya?

Rifqi Herjoko
Selasa, 24 Januari 2023, 09:45 WIB
Wasit Ukir Sejarah Keluarkan Kartu Putih di Kompetisi Sepak Bola, Apa Artinya?
Kartu Putih

LISBON – Pemandangan unik terjadi di kompetisi sepak bola wanita Portugal. Wasit yang memimpin laga tersebut tampak mengeluarkan kartu putih seusai suatu momen terjadi dalam pertandingan. Lantas, apa arti dari kartu tersebut?

Momen unik tersebut terjadi di babak perempat final turnamen sepak bola wanita yang mempertemukan Benfica vs Sporting Lisbon. Duel antara kedua tim tersebut digelar di Estadio da Luz, Lisbon, Sabtu (21/1/2023).

Laga tersebut dipimpin oleh wasit bernama Catarina Campos. Sebuah momen menegangkan terjadi di babak pertama. Seorang penggemar diketahui pingsan di tribun. Sontak saja, staf medis dari kedua klub bergegas untuk membantu suporter tersebut.

Setelah situasi itu bisa diatasi, sang wasit mengeluarkan kartu putih kepada kedua tim. Adapun arti dari kartu tersebut untuk memuji tindakan fair play yang dilakukan ketika laga tersebut bergulir.

Gestur unik sang wasit diiringi dengan tepuk tangan serta sorakan suporter di stadion. Para fans menanggapi positif keputusan sang wasit tersebut. Momen menarik itu lantas disorot pencinta sepak bola dunia.

Dilansir dari Sky Sports, Selasa (24/1/2023), kartu putih itu diperkenalkan sebagai bagian dari inisiatif Rencana Etika Olahraga Nasional Portugal. Kartu itu diperkenalkan untuk mendorong permainan yang lebih adil.

Sejauh ini, baru Portugal yang mengadopsi kartu putih di kompetisi sepak bola. Pencinta sepak bola dunia tentu lebih mengenal kartu kuning dan merah yang kerap digunakan untuk mendisiplinkan pemain yang melakukan suatu pelanggaran.

Penggunaan kartu putih merupakan hal menarik yang terjadi di dunia sepak bola baru-baru ini. Kartu tersebut justru digunakan untuk mengapresiasi pihak yang berlaku fair play di lapangan. Menarik untuk melihat apakah penggunaan kartu putih itu akan diadopsi oleh kompetisi sepak bola negara lain di masa depan.

Editor : Muhammad Pratama Supriyadillah

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.1787 seconds [12]