logo
Tim Nasional | Detail

Wasiat Sang Ayah Bikin Shayne Pattynama Tergerak Bela Timnas Indonesia

Rifqi Herjoko
Selasa, 08 November 2022, 14:40 WIB
Wasiat Sang Ayah Bikin Shayne Pattynama Tergerak Bela Timnas Indonesia
Shayne Pattynama dan keluarganya pada saat masih kecil (FOTO: Instagram @s.pattynama).

JAKARTA – Ayah dari Shayne Pattynama memiliki andil dalam kesediaan sang pemain dinaturalisasi menjadi WNI. Sebelum meninggal dunia, sang ayah sempat berwasiat agar Shayne membela Timnas Indonesia.

Proses naturalisasi Shayne Pattynama untuk menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) kembali berlanjut. PSSI dan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI (Kemenpora RI) menggelar rapat kerja dengan Komisi X DPR RI hari ini, Selasa (8/11/2022) siang WIB.

Rapat kerja tersebut membahas permohonan naturalisasi Shayne Pattynama. Agenda tersebut turut dihadiri oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dan Menteri Pemuda dan Olahraga RI (Menpora RI), Zainudin Amali. Shayne Pattynama turut menghadiri rapat tersebut secara virtual.

Shayne Pattynama
Shayne Pattynama

Rapat kerja tersebut berjalan lancar. Komisi X DPR RI menyetujui rekomendasi kewarganegaraan RI untuk Shayne Pattynama. Dengan demikian, proses naturalisasi Shayne bisa berlanjut ke tahap selanjutnya.

Usut punya usut, ayah dari Shayne ternyata memiliki andil pada kesediaan pemain asal Belanda itu diproses menjadi WNI. Bermain untuk Timnas Indonesia merupakan wasiat sang ayah sebelum meninggal dunia.

Sebagai informasi, ayah dari Shayne Pattynama merupakan orang Indonesia. Dengan demikian, Shayne masih memiliki keturunan langsung dari orang tuanya. Hal berbeda dialami Sandy Walsh dan Jordi Amat. Keduanya memiliki keturunan Indonesia dari kakek atau neneknya.

“Ayah (Shayne) berasal dari Pulau Haruku, Maluku Tengah. Ayahnya lahir di Semarang. Sebelum ayahnya meninggal, ada wasiat (berbunyi) ‘kalau bisa, kamu bermain untuk Timnas Indonesia’,” ujar Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, dalam rapat bersama Komisi X DPR RI, Selasa (8/11/2022).

Wasiat sang ayah menjadi salah satu alasan Shayne ingin memperkuat Timnas Indonesia. Di sisi lain, publik Tanah Air berharap proses naturalisasi para pemain keturunan bisa segera rampung. Dengan begitu, mereka bisa tampil di Piala Asia 2023.

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1706 seconds [13]