logo
Bola Lainnya | Detail

Wapres Pastikan Tak Ada Intervensi Pemerintah Soal Pencalonan Ketum dan Waketum PSSI

Binti Mufarida
Kamis, 26 Januari 2023, 12:48 WIB
Wapres Pastikan Tak Ada Intervensi Pemerintah Soal Pencalonan Ketum dan Waketum PSSI
Wakil Presiden Republik Indonesia, Ma‘ruf Amin (Foto: MPI/Binti Mufarida)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres), Maruf Amin ikut berkomentar terkait menteri-menteri yang ikut bursa calon Ketua Umum (Ketum) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) pada Kongres Luar Biasa (KLB) periode 2023-2027. Baginya pencalonan tersebut tidak ada kaitan atau intervensi dari pihak pemerintah.

Diketahui, Menteri BUMN, Erick Thohir maju menjadi calon Ketua Umum PSSI, sedangkan Menpora, Zainudin Amali maju sebagai calon wakil PSSI. Namun, pencalonan kedua menteri tersebut menimbulkan pertanyaan apakah ada intervensi oleh pemerintah di dalam tubuh PSSI.

Wapres pun menegaskan tidak ada intervensi dari pemerintah terkait pencalonan Ketum ataupun Wakil PSSI. 

“Kalau intervensi saya kira pemerintah tidak ada untuk melakukan intervensi,” tegasnya usai menghadiri acara di Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta, Kamis (26/1/2023).

Wapres menegaskan pencalonan kedua menteri di bursa Ketua dan Wakil PSSI harus melihat ketentuan dari FIFA. Jika tidak melanggar aturan FIFA, maka sah-sah saja untuk maju menjadi Ketua PSSI ataupun wakilnya.

“Tetapi ketika dia mencalonkan, itu yang harus penting bahwa apa ada larangan dari FIFA, atau juga larangan dari PSSI sendiri, apa ada larangan atau tidak? Tidak ada larangan berarti tidak ada masalah,” tegasnya.

Selain itu, Wapres juga mengatakan jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga tidak melarang dan memberikan izin kepada kedua menterinya itu. Oleh sebab itu, Wapres menilai jika tidak ada masalah untuk Menteri BUMN dan Menpora ikut bursa calon ketum dan wakil PSSI.

“Dan juga dapat izin dari atasannya, dari presiden, jadi dia harus tidak melanggar aturan FIFA, tidak melanggar aturan PSSI dan harus memperoleh izin dari presiden. Sepanjang tidak ada yang dilanggar, saya kira tidak ada masalah menurut saya,” tegas Maruf Amin.

Editor : Saliki Dwi Saputra

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.1790 seconds [12]