logo
Hobi | Detail

Wanita Lebih Efektif Bela Diri Ketimbang Pria, Begini Penjelasannya

Ilham Sigit Pratama
Sabtu, 30 Juli 2022, 18:21 WIB
Wanita Lebih Efektif Bela Diri Ketimbang Pria, Begini Penjelasannya
Dua instruktur muay thai profesional Ipung Purwanto dan Suratno (Istimewa)

JAKARTA - Muay Thai merupakan olahraga sekaligus bela diri yang praktis, terutama bagi wanita. Hal ini disampaikan langsung oleh dua instruktur muay thai profesional Ipung Purwanto dan Suratno.

Bahkan keduanya sepakat bahwa muay thai sangat efektif bagi wanita karena mereka tidak perlu belajar bertahun-tahun untuk membela diri ketika menghadapi kejahatan di jalanan.

Muay thai merupakan salah satu bela diri yang amat digandrungi masyarakat, terutama wanita. Pasalnya, bela diri tersebut amat berbeda dengan bela diri lain, seperti pencak silat atau karate.

Menurut instruktur muay thai profesional, Ipung Purwanto, muay thai merupakan bela diri yang amat sederhana. Ipung mengatakan bahwa tidak perlu kemampuan menghafal gerakan atau jurus tertentu untuk menguasai dasar-dasar muay thai.

Selain itu, Ipung juga mengatakan bahwa tidak perlu peralatan dan pakaian yang mahal untuk menjalani latihan muay thai. Menurutnya, latihan muay thai hanya perlu mengenakan baju olahraga biasa saja.

“Dia itu bela diri praktis, gaperlu ngapalin jurus, dalam artian ya langsung pukul tendang aja, terus juga gak harus pake pakaian tertentu, yang penting baju olahraga,” kata Ipung dalam podcast Aksi Nyata, Sabtu (30/7/2022).

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1524 seconds [12]