Ragam Lainnya | Detail

WADA Sebut 4 Syarat Pengunaan Atribut Bendera Merah Putih Selama Indonesia Jalani Sanksi

Tim Sportstars
Jum'at, 10 Desember 2021, 16:55 WIB
WADA Sebut 4 Syarat Pengunaan Atribut Bendera Merah Putih Selama Indonesia Jalani Sanksi
Rapat pembahasan sanksi WADA (Foto: NOC Indonesia)

JAKARTA - Hingga saat ini sanksi yang diberikan WADA terhadap Lembaga Anti-Doping Indonesia (LADI) masih belum diselesaikan. Akan tetapi, Kedatangan Gugus Tugas Percepatan Penyelesaian Sanksi Badan Anti-Doping Dunia ke Kantor WADA di Lausanne, Swiss, berjalan positif.

Kesempatan tersebut lantas digunakan tim yang  diketuai Gugus Tugas, ex-officio Ketua Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia), Raja Sapta Oktohari untuk meminta WADA menginformasikan aturan penggunaan bendera Merah Putih ke seluruh Federasi Internasional (IF) selama sanksi masih berjalan.

Raja Sapta Oktohari menanyakan detail aturan penggunaan bendera Merah Putih kepada Sekretaris Jenderal WADA Olivier Niggli dan Direktur Regional Anti-Doping Eropa dan Relasi Federasi Internasional Sébastien Gillot dalam pertemuan Rabu (8/12/2021) malam WIB.

“NOC Indonesia bertanya langsung karena banyak yang mengira sanksi Indonesia sama seperti sanksi Rusia. WADA menegaskan sanksinya berbeda. Tidak ada larangan bagi Indonesia untuk menggunakan atribut bendera Merah Putih di seragam atau jersey pemain. Jadi saya kira ini sudah jelas,” kata Okto, Jumat (10/12/2021).

Dalam rapat yang berlangsung hybrid tersebut, Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Ferry Kono meminta WADA menginformasikan kepada seluruh  IF dan panitia penyelenggara event terkait ketentuan penggunaan bendera. Sebab, tuan rumah single event olahraga masih menginterprestasikan sanksi  Indonesia berbeda-beda.

“Respon WADA sangat positif karena mereka concern dan akan menginformasikan kepada seluruh signatories,” kata Ferry.

NOC Indonesia, kata Ferry, sebelumnya telah berkirim surat kepada WADA untuk menanyakan perihal pemakaian penggunaan bendera Merah Putih di event olahraga internasional. Informasi ini juga telah disosialisasikan kepada PP/PB.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1099 seconds [12]