MotoGP | Detail

WADA Pastikan Indonesia Tetap Jadi Tuan Rumah MotoGP 2022

Wikanto Arungbudoyo
Rabu, 13 Oktober 2021, 22:42 WIB
WADA Pastikan Indonesia Tetap Jadi Tuan Rumah MotoGP 2022
Sirkuit Mandalika siap menggelar MotoGP Indonesia 2022 pada 18-20 Maret mendatang (Foto: MotoGP)

MONTREAL – Badan Anti-Doping Dunia (WADA) mengonfirmasi Indonesia takkan kehilangan haknya sebagai tuan rumah MotoGP. Dengan demikian, MotoGP Indonesia 2022 bisa digelar sesuai jadwal, yakni 18-20 Maret mendatang. 

“Indonesia (dan Thailand) memang tidak diizinkan mendapat hak sebagai tuan rumah untuk event baru jika dianggap tidak patuh (pada aturan WADA),” ujar seorang juru bicara WADA, dikutip dari Crash, Rabu (13/10/2021). 

“Jika event itu sudah telanjur diberikan (pada Indonesia dan Thailand), mereka tetap punya hak sebagai tuan rumah,” tandas sang juru bicara. 

Dari pernyataan itu, Indonesia dan Thailand tetap berhak menjadi tuan rumah untuk Kejuaraan Dunia MotoGP 2022. Sebab, kontrak kerja sama dengan pihak Dorna Sports sudah terjalin sebelum keduanya dinyatakan tidak mematuhi aturan WADA pada pekan lalu. 

Seperti diketahui, WADA menegur Indonesia, Thailand, dan Korea Utara, karena tidak patuh pada program tes doping sepanjang 2020. Ketiga negara itu dilarang menjadi tuan rumah ajang internasional, menampilkan bendera, dan mengumandangkan lagu nasional masing-masing di pertandingan olahraga. 

Sanksi itu bisa dicabut bila Indonesia, Thailand, dan Korea Utara, mau memenuhi program tes doping. Menpora RI, Zainudin Amali, pekan lalu menyatakan optimistis teguran itu akan dicabut. Sebab, Indonesia bisa menyerahkan banyak sampel tes doping dari penyelenggaraan PON XX Papua 2021

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.5621 seconds [12]