logo
MotoGP | Detail

Wacana Sprint Race di MotoGP 2023 Bakal Untungkan Marc Marquez

Quadiliba Al-Farabi
Sabtu, 14 Januari 2023, 19:49 WIB
Wacana Sprint Race di MotoGP 2023 Bakal Untungkan Marc Marquez
Marc Marquez. (Foto: Repsol Honda Team).

CERVERA - Format Sprint Race yang rencananya akan diterapkan di MotoGP 2023 diyakini bakal menguntungkan Marc Marquez. Berbicara data, The Baby Alien merupakan salah satu pembalap dengan torehan pole terbanyak dalam beberapa tahun terakhir

Seperti diketahui, aturan baru untuk MotoGP 2023 mendatang dengan diadakannya sesi balapan tambahan bertajuk sprint race. Balapan yang digelar setengah dari jumlah lap balapan resmi ini, bakal menambah pundi-pundi poin pembalap.

Misalnya, kalau di balapan resmi poin sang juara mendapat 25 poin, pembalap tercepat di sprint race bakal dapat 12 poin. Namun persamaan di antara dua balapan ini adalah formasi di starting grid.

Formasi para pembalap di garis start pada dua balapan itu sama-sama ditentukan hasil sesi kualifikasi. Artinya, ini akan sangat menguntungkan bagi siapapun yang berhasil meraih pole position.

Berbicara soal pole position, Marquez punya rekor tersendiri sebelum dia mengalami cedera tiga tahun ke belakang. Dia menjadi pemilik pole position terbanyak dibanding pembalap aktif lainnya.

Dia mencatat 91 kali pole position dalam kariernya di MotoGP sejak 2013. Dia unggul jauh dari Jorge Martin (Pramac Ducati) di urutan kedua dengan 30 kali, Johann Zarco (27 kali/Pramac Ducati), Maveric Vinales (24 kali/Aprilia), dan Pol Espargaro (20 kali/GASGAS Tech3).

Lebih lagi, jumlah itu masih yang terbanyak dalam sejarah MotoGP sejak 1974. Itu mengalahkan Jorge Lorenzo (69 kali), Valentino Rossi (65 kali), Mick Doohan (58 kali), dan Max Biaggi (56 kali).

Jika Honda memberinya motor yang kompetitif di musim ini, tidak diragukan lagi bahwa Marc Marquez memiliki keuntungan untuk memanfaatkan format baru dengan tambahan sprint race.

5 pembalap yang masih aktif dengan pole position terbanyak:

Marc Marquez: 91 kali

Jorge Martin: 30 kali

Johan Zarco: 27 kali

Maverick Vinales: 24 kali

Pol Espargaro: 20 kali

5 pembalap dengan pole position terbanyak sejak 1974:

Mark Marquez: 91 kali

Jorge Lorenzo: 69 kali

Valentino Rossi: 65 kali

Mick Doohan: 58 kali

Max Biaggi: 56 kali

Editor : Admiraldy Eka Saputra

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.2230 seconds [12]