logo
Liga Indonesia | Detail

Viral, Jakmania Pernah Minta Polisi Tidak Tembakkan Gas Air Mata ke Pendukung Bali United

Rifqi Herjoko
Senin, 03 Oktober 2022, 09:06 WIB
Viral, Jakmania Pernah Minta Polisi Tidak Tembakkan Gas Air Mata ke Pendukung Bali United
The Jakmania saat larang Polisi tembakkan gas air mata ke pendukung Bali United (Foto: tangkapan layar video unggahan Twitter/Khaidir_Tr)

GIANYAR – Gas air mata menjadi penyebab tragedi memilukan di Stadion Kanjuruhan. Usut punya usut, kejadian serupa sempat hampir terjadi di laga lainnya. Suporter Persija Jakarta, The Jakmania, pernah meminta petugas keamanan agar tidak melontarkan gas air mata ke pendukung Bali United. Cuplikan video bisa lihat di sini. 

Seperti diketahui, Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, menjadi venue laga antara Arema FC menghadapi Persebaya Surabaya. Laga tersebut digelar Sabtu (1/10/2022) malam WIB.

Laga tersebut berlangsung sengit. Persebaya mampu memenangkan laga tersebut dengan skor tipis 3-2. Hasil tersebut tentu membuat pendukung tuan rumah kecewa. Kerusuhan pun pecah di sana.

Gas air mata menjadi salah satu penyebab tragedi Stadion Kanjuruhan menimbulkan banyak korban jiwa. (FOTO: REUTERS)
Gas air mata menjadi salah satu penyebab tragedi Stadion Kanjuruhan menimbulkan banyak korban jiwa. (FOTO: REUTERS)

Banyak suporter yang meluapkan kekecewaannya dengan mencoba masuk ke lapangan. Mereka juga terlihat merusak fasilitas stadion dan bentrok dengan petugas keamanan. Situasi yang tidak terkendali memaksa petugas keamanan melontarkan gas air mata.

Hal itu membuat penonton di tribun menjadi panik dan berusaha mencari jalan keluar dengan berdesakan. Sejumlah penonton pun terinjak-injak serta mengalami sesak napas dalam situasi itu. Adapun korban meninggal dunia pada tragedi tersebut mencapai 127 orang.

Kejadian serupa pernah hampir terjadi di masa lalu. Sebuah video yang viral di media sosial baru-baru ini mengingatkan kita terhadap momen yang terjadi di laga Bali United vs Persija Jakarta pada bulan Desember 2018.

“Detik-detik pas polisi mau nembak gas air mata ke arah tribun utara (Bali United), Tribun The Jak berkali-kali pada teriak memohon ke arah polisi agar jangan ditembak gas air mata,” bunyi caption pada unggahan akun Twitter @khaidir_Tr.

Pencinta sepak bola Tanah Air tentunya merasa lega melihat momen keharmonisan suporter dua tim tersebut. PSSI dan PT LIB diharapkan serius mengevaluasi dan membenahi kekacauan yang tengah terjadi saat ini.

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.1704 seconds [12]