logo
Tim Nasional | Detail

Vietnam U-16 Hanya Satu Jam Latihan, Media Vietnam Kritik Pencahayaan Lapangan

Quadiliba Al-Farabi
Sabtu, 06 Agustus 2022, 07:20 WIB
Vietnam U-16 Hanya Satu Jam Latihan, Media Vietnam Kritik Pencahayaan Lapangan
Pelatih Timnas Vietnam U-16, Nguyen Quoc Tuan (Foto: VFF)

YOGYAKARTA - Vietnam lagi-lagi mengritik sarana di ajang Piala AFF U-16 2022 yang berlangsung di Indonesia. Kali ini mereka mengatakan bahwa pencahayan di stadion kurang.

Vietnam U-16 menjalani persiapan berbeda jelang hadapi Indonesia U-16 di laga terakhir grup A Piala AFF U-16 2022. Salah satunya dengan memulai latihan lebih sore dari sebelumnya.

Namun berdasarkan Media Vietnam The Thao247, proses latihan pada Kamis 4 Agustus itu hanya berlangsung satu jam. Media itu menyebutkan bahwa pencahayaan yang kurang memadai menjadi alasannya.

Seperti diketahui, Vietnam U-16 vs Indonesia U-16 bakal digelar Sabtu (6/8/2022) di Stadion Maguwoharjo, Sleman pada pukul 20.00 WIB. Waktu ini lebih malam ketimbang dua laga awal Vietnam U-16 melawan Filipina U-16 dan Singapura U-16 (mulai pukul 15.00 WIB).

Sebab itu, disebutkan pelatih The Golden Star Nguyen Quoc Tuan melatih tim asuhannya lebih lambat satu jam ketimbang sebelumnya. Biasanya mereka memulai 15.00 WIB, kini menjadi 16.00 WIB.

Namun latihan itu hanya berlangsung satu jam hingga pukul 17.00 WIB. Selain memang dijadwalkan penyelenggara selesai di waktu tersebut, Media itu menyebutkan pencahayaan di Yogyakarta International School (tempat Vietnam U-16 latihan) tidak memadai.

“Karena tidak ada batas waktu yang setara, karena tempat latihan tidak memiliki lampu, pelatih Nguyen Quoc Tuan memutuskan untuk membiarkan para pemain Vietnam U16 berlatih paling lambat pada kerangka waktu hari itu sesuai dengan proposal dari penyelenggara turnamen (16.00 WIB – 17.00 WIB),” tulis media tersebut.

“Sekitar waktu ini di Yogyakarta, matahari mulai berangsur-angsur menghilang. Itu juga saat ketika para pemain harus beradaptasi dengan kondisi pencahayaan yang lebih tidak menguntungkan dan suhu menurun seiring waktu di tempat latihan,” lanjutnya.

Lebih lanjut, media itu menyebutkan para pemain Vietnam U-16 tidak berlatih terlalu keras. Tim asuhan Nguyen Quoc Tuan ini hanya latihan kekuatan dan kontrol di berbagai bidang lapangan.

“Di penghujung sesi latihan, pelatih Nguyen Quoc Tuan mulai menyusun skuad uji coba sekaligus rencana taktis menghadapi tuan rumah Indonesia U16,” lanjut media itu.

Saat ini, Vietnam U-16 memiliki 6 poin yang sama dengan Indonesia U-16 tetapi tertinggal karena selisih gol (+9 berbanding +11). Jika ingin menjadi pemuncak grup untuk memperebutkan tiket ke semifinal, Vietnam U-16 harus menang di laga tersebut.
 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1571 seconds [12]