Hobi | Detail

Variasi Gerak Dasar Lokomotor dalam Permainan Bola Voli

Tim Sportstars
Senin, 04 Oktober 2021, 17:42 WIB
Variasi Gerak Dasar Lokomotor dalam Permainan Bola Voli
Pemain PON cabor voli putri Jawa Barat (3) Yasmin melakukan salah satu variasi gerak dasar lokomotor dalam permainan bola voli. ( Foto : PB PON XX PAPUA/Yustha Corithaca ).

SETIDAKNYA ada tiga variasi gerak dasar lokomotor dalam permainan bola voli. Gerak lokomotor adalah gerakan memindahkan tubuh kemana saja yang ditandai dengan perpindahan tempat.  Gerak lokomotor hampir terdapat pada seluruh cabang olahraga termasuk permainan bola voli.

Pada cabang olahraga ini gerak lokomotor diartikan sebagai gerakan perpindahan yang terjadi tanpa bola.  Dalam melakukan gerakan, seorang pemain harus bisa menebak gerakan pemain lain, kemudian selalu memperhatikan dari mana arah datangnya bola. Hal ini bertujuan agar gerakan yang mereka lakukan tidak menghasilkan bola mati.

Berikut variasi gerak lokomotor dalam permainan bola voli:

1. Berjalan dan Melangkah ke Depan

Variasi gerakan ini terjadi ketika pemain bola voli melangkah ke depan. Pada gerakan ini, seorang pemain berniat memukul bolah demi mencegah bola tersebut dianggap bola mati. Untuk melakukan variasi gerak ini pemain harus berjalan dan melangkah ke depan.  Selain itu gerakan ini juga berguna untuk mengoper bola dengan tambahan pukulan menyerang.

2. Berjalan dan Melangkah Mundur

Variasi gerakan berjalan dan melangkah mundur digunakan untuk menerima atau memainkan bola. Gerakan yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan tubuh dalam posisi yang tepat, kemudian ayunkan tangan ke atas. Gerakan ini juga dilakukan untuk melakukan pukulan bola dengan pukulan menyerang.

3. Melangkah ke Kanan dan ke Kiri

Variasi gerak ketiga merupakan perpindahan posisi dari kiri ke kanan atau kanan ke kiri. Gerakan ini berguna untuk mempersiapkan diri menuju arah datangnya bola dan bersiap untuk memukulnya. Dalam melakukannya, seorang pemain hanya perlu menggeserkan kaki ke arah kanan atau ke arah kiri yang diikuti dengan perubahan posisi tubuh. (rania adyanti)
 

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS

/ rendering in 1.2305 seconds [12]