logo
MotoGP | Detail

Valentino Rossi Pensiun dan Marc Marquez Cedera, Sirkuit Valencia Khawatir Pemasukannya Anjlok

Quadiliba Al-Farabi
Rabu, 27 Juli 2022, 20:32 WIB
Valentino Rossi Pensiun dan Marc Marquez Cedera, Sirkuit Valencia Khawatir Pemasukannya Anjlok
Mural raksasa bergambar wajah Valentino Rossi di Sirkuit Ricardo Tormo jelang balapan MotoGP Valencia 2021 (Foto: MotoGP)

CHESTE - Pensiunnya Valentino Rossi dan cederanya Marc Marquez membuat jumlah penonton yang hadir di sirkuit menurun. Direktur Sirkuit Ricardo Tormo, Gonzalo Gobert-Cezanne, khawatir pemasukannya anjlok pada MotoGP Valencia 2022, November mendatang.

Selama bertahun-tahun, Valencia telah menjadi seri terakhir Kejuaraan Dunia MotoGP. Namun, status istimewa itu terancam seiring keinginan Dorna Sports merotasi seri terakhir mulai 2023 hingga 2026.

“Menyongsong tahun 2023 kami akan mengadakan GP Valencia. Pada 2022 dan 2023, kami masih menggelar balapan, tetapi kami harus harus menunggu hingga 2024," tutur Gobert-Cezanne, dikutip dari Motosan, Rabu (27/7/2022).

Sirkuit Ricardo Tormo di Valencia menjadi salah satu yang terpendek di MotoGP 2022 (Foto: MotoGP)
Sirkuit Ricardo Tormo di Valencia menjadi salah satu yang terpendek di MotoGP 2022 (Foto: MotoGP)

“Dengan 'rotasi', saya pikir ada banyak ketidakpastian, ada terlalu banyak. Grand Prix Finlandia dibatalkan beberapa minggu lalu karena tidak datang tepat waktu dan homologasi (sirkuit) dibatalkan," imbuh pria asal Spanyol itu.

Kemungkinan terburuk jelas dihapuskannya GP Valencia dari kalender balap MotoGP. Andai tidak, maka Ricardo Tormo harus rela terkena sistem rotasi yang diterapkan Dorna. Konsekuensinya, hak istimewa menggelar seri terakhir pun hilang.

Seandainya itu terjadi, dengan kata lain, sirkuit ini semakin kecil kemungkinan menghadirkan momen krusial persaingan pembalap memperebutkan gelar juara. Antusiasme penonton diyakini akan turun, ditambah lagi tidak adanya Rossi dan Marquez.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1589 seconds [13]