MotoGP | Detail

Valentino Rossi Pensiun, Bagaimana Nasib Nomor Ikonik 46?

Wikanto Arungbudoyo
Sabtu, 06 November 2021, 15:01 WIB
Valentino Rossi Pensiun, Bagaimana Nasib Nomor Ikonik 46?
Valentino Rossi identik dengan nomor start 46 sejak memulai karier di balap motor (Foto: MotoGP)

KEPUTUSAN Valentino Rossi pensiun dari ajang balap MotoGP memunculkan pertanyaan soal nasib nomor start ikonik 46 miliknya. Apalagi, FIM dan Dorna Sports, belum menunjukkan tanda-tanda ingin memensiunkan nomor start 46 milik Valentino Rossi

Seperti diketahui, Rossi memutuskan pensiun dari ajang balap motor pada penghujung Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. Pembalap asal Italia itu menganggap ini adalah waktu yang tepat untuk berhenti, setelah 25 tahun wara-wiri di lintasan balap motor. 

Rekor Rossi di lintasan balap, terutama kelas MotoGP (500cc), sangat apik. Pembalap berusia 42 tahun itu tercatat telah mengikuti 370 seri (hingga Sabtu 6 November 2021), dengan torehan 89 kemenangan dan 199 kali naik podium. 

Valentino Rossi sudah memakai nomor start 46 sejak mengaspal di kelas Moto3 (125cc) (Foto: MotoGP)
Valentino Rossi sudah memakai nomor start 46 sejak mengaspal di kelas Moto3 (125cc) (Foto: MotoGP)

Catatan 89 kemenangan itu berbuah tujuh gelar juara dunia di kelas MotoGP. Kini, Rossi duduk di peringkat kedua sebagai pembalap dengan koleksi gelar juara dunia kelas premier terbanyak. Dia hanya kalah dari Giacomo Agostini yang total meraih delapan titel. 

Dengan pensiunnya Rossi, ada kemungkinan penggemar MotoGP takkan lagi melihat nomor ikonik 46 hilir-mudik di lintasan balap. Sebab, setiap pembalap memiliki nomor start masing-masing yang biasanya sudah melekat sejak awal karier. 

Nomor start seorang pembalap memang merupakan pilihan pribadi. Setiap pembalap dibebaskan memilih nomor start 1-99 di awal musim. Namun, ada beberapa nomor start yang dipensiunkan, seperti 58, 69, 34, dan 50. Selain nomor itu, termasuk 46, boleh dipakai. 

Kebetulan, nomor 46 akan tersedia pada MotoGP 2022 seiring pensiunnya Valentino Rossi. Lantas, apakah ada yang berani memakainya? Sepertinya tidak. Musim depan hanya ada empat rookie alias pendatang baru. Dari empat pembalap itu, hanya ada tiga yang belum memilih nomor start. 

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1608 seconds [13]