Ragam Lainnya | Detail

Urutan Melakukan Gerakan Meroda: Pengertian, Cara dan Manfaat

Tim Sportstars
Kamis, 12 Mei 2022, 18:47 WIB
Urutan Melakukan Gerakan Meroda: Pengertian, Cara dan Manfaat
Gerakan Meroda dalam Senam Lantai

JAKARTA-Urutan melakukan gerakan meroda biasanya diperlukan dalam senam lantai. Gerakan ini termasuk dalam latihan keseimbangan. Di atas lantai, seorang pesenam akan melakukan gerakan jungkir balik seperti pada gerakan jungkir balik untuk mengejar, yang dimulai dengan langkah samping atau berderap.

Gerakan meroda merupakan olahraga yang praktis karena tanpa alat. Karena itulah mempraktekannya bisa dilakukan di ruangan terbuka maupun tertutup. Meskipun gerakannya sederhana namun manfaat yang dihasilkannya cukup signifikan bila dilakukan rutin.

Gerakan meroda adalah gerakan memutar badan ke samping. Hal ini dilakukan dengan menarik tubuh ke belakang dan menarik tangan ke lantai satu per satu. Ketika satu atau kedua tangan di lantai, kaki bergerak melintasi tubuh, lalu kembali ke tanah satu per satu, selesaikan gerakan dengan kembali ke posisi tegak.

Cara Melakukan Gerakan Meroda

  1. Memulai dengan posisi menyerang. Untuk memulai menyerang, rentangkan kaki utama ke depan dan tekuk sedikit. Kaki belakang harus lurus, lengan harus berada tepat di atas kepala dan dekat dengan telinga.
  2. Letakkan tangan di lantai. Letakkan tangan di lantai dan putar 90°.
  3. Tendangan kaki di atas kepala. Tendangan satu kaki pada satu waktu di atas kepala. Kaki yang menendang harus mendarat terlebih dahulu.
  4. Mendarat seperti posisi awal. Ambil posisi menyerang dengan arah yang berlawanan dari tempat memulai. Lengan harus berada di atas kepala dan dekat dengan telinga. Kaki depan harus sedikit ditekuk dan kaki belakang harus lurus.

Manfaat Melakukan Gerakan Meroda

Terdapat manfaat yang dapat dirasakan jika mempraktikkan gerakan meroda secara rutin. Berikut beberapa manfaatnya:

  1. Membuat tubuh lebih bugar.
  2. Membantu membakar kalori.
  3. Mengencangkan otot tubuh.
  4. Meningkatkan kelenturan tubuh.
  5. Tulang menjadi lebih kuat.
  6. Membantu meningkatkan keseimbangan tubuh.

Itulah rangkuman penjelasan urutan melakukan gerakan meroda, semoga bermanfaat bagi pembaca.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1382 seconds [13]