logo
Tim Nasional | Detail

Update Ranking FIFA Timnas Indonesia di Asia Tenggara, Potensi Geser Malaysia

Basudiwa Supraja
Jum'at, 30 September 2022, 13:20 WIB
Update Ranking FIFA Timnas Indonesia di Asia Tenggara, Potensi Geser Malaysia
Peringkat FIFA Timnas Indonesia kembali naik usai kalahkan Curacao 2-1 di FIFA Matchday (Foto: PSSI)

BERIKUT Update ranking FIFA Timnas Indonesia di Asia Tenggara. Skuad Garuda berpotensi geser Malaysia.

Setelah dua kemenangan Timnas Indonesia atas Curacao di FIFA Matchday, peringkat Skuad Garuda naik cukup pesat. Di Asia Tenggara, Timnas Indonesia saat ini menempati urutan kelima dengan total 1.034 menurut Football Ranking.

Tim Merah Putih naik dua tingkat dari yang sebelumnya berada di peringkat ketujuh ASEAN setelah Myanmar dan Singapura. Adapun di peringkat dunia, Timnas Indonesia naik empat tingkat dari 156 ke-152.

Posisi tersebut pun kian mendekati peringkat Malaysia yang saat ini duduk di rangking 147 dunia dengan poin 1.060. Jarak peringkat Malaysia dengan Timnas Indonesia hanya lima garis saja di papan ranking.

Timnas Indonesia butuh sekitar kurang lebih 26 poin lagi untuk bisa menggeser Malaysia. Upaya itu bisa semakin cepat didapat jika Timnas Indonesia menghadapi lawan yang memiliki peringkat jauh lebih tinggi.

Curacao telah menjadi contohnya. Timnas Indonesia bisa meraup hingga tujuh poin lebih jika menang di setiap pertandingannya atas tim yang duduk di posisi 84 dunia (sebelum laga FIFA Matchday) itu.

Umumnya, poin yang didapat jika menang adalah sekitar kurang lebih tiga poin saja jika peringkat lawan tidak jauh berbeda. Namun belakangan Shin Tae-yong ingin Timnas Indonesia mendapat lawan dengan peringkat yang lebih tinggi lagi.

Ini tentu akan menjadi kesempatan bagi Skuad Garuda untuk meningkatkan kembali peringkat mereka di FIFA Ranking. Adapun saat ini secara berurutan posisi tertinggi di ASEAN diduduki oleh Vietnam (ranking 96 dunia), kemudian Thailand (ranking 111 dunia), dan Filipina (ranking 115 dunia). 

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.3157 seconds [13]