Bola Lainnya | Detail

Untuk Pertama Kalinya, Wasit Wanita Akan Bertugas di Piala Dunia 2022

Rifqi Herjoko
Jum'at, 20 Mei 2022, 15:40 WIB
Untuk Pertama Kalinya, Wasit Wanita Akan Bertugas di Piala Dunia 2022
Wasit Wanita Akan Ambil Bagian di Piala Dunia 2022

DOHA – Kabar mengejutkan muncul terkait dengan Piala Dunia 2022. Untuk pertama kalinya, wasit wanita akan bertugas di ajang sepak bola pria bergengsi tersebut.

Dilansir dari The Guardian, Jumat (20/5/2022), Asosiasi Sepak Bola Dunia (FIFA) telah memilih tiga wasit dan tiga asisten wasit wanita. Mereka akan bertugas di Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar akhir tahun ini.

FIFA telah mengizinkan wasit wanita untuk mencatatkan debutnya di Piala Dunia pria. Ini tentunya merupakan sebuah terobosan dalam hal kesetaraan gender pada sepak bola.

Adapun wasit wanita yang diizinkan bertugas di sana adalah Stephanie Frappart dari Prancis, Salima Mukansanga dari Rwanda dan Yoshimi Yamashita dari Jepang. Mereka termasuk di antara 36 wasit yang ditugaskan di Piala Dunia 2022.

Selain nama-nama tersebut, terdapat pula Neuza Back dari Brasil, Karen Diaz Medina dari Meksiko, dan Kathryn Nesbitt dari Amerika Serikat yang akan bertindak sebagai asisten wasit di turnamen level dunia tersebut. Sebanyak 69 wasit dan asisten wasit akan ditugaskan di sana.

Kepala wasit FIFA, Pierluigi Collina, buka suara terkait terobosan ini. Dia menegaskan bahwa pemilihan dilakukan secara adil dan tanpa memandang gender.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1336 seconds [12]