logo
Netting | Detail

Unsur-Unsur Gerakan Pada Bulu Tangkis, No 3 Wajib Diketahui

Tim Sportstars
Jum'at, 18 November 2022, 20:01 WIB
Unsur-Unsur Gerakan Pada Bulu Tangkis, No 3 Wajib Diketahui
Pebulu Tangkis Indonesia, Hendra Setiawan (Badminton Photo)

JAKARTA - Unsur-unsur gerakan pada bulu tangkis merupakan hal yang wajib kita pelajari. Dengan mengetahui gerakan-gerakan yang biasa dilakukan dalam permainan bulu tangkis, membuat kita dapat memainkan olahraga tersebut dengan mudah.

Bulu tangkis merupakan olahraga yang dimainkan dengan pemain tunggal maupun ganda, menggunakan raket dan shuttlecock sebagai alat utama dalam permainan ini. Permainan ini dilakukan dengan cara memukul shuttlecock ke arah lawan.

Walaupun terlihat mudah untuk dilakukan, akan tetapi jika ingin melakukan olahraga ini, harus berlatih serta kerja keras yang tinggi agar bisa menguasainya dengan benar.

Dalam olahraga bulu tangkis, tentunya terdapat banyak sekali peraturan-peraturan yang harus dipatuhi, serta teknik dan unsur-unsur yang harus dipelajari. Salah satu yang harus kita pelajari adalah unsur gerakan yang ada pada olahraga ini.

Berdasarkan beberapa sumber, (Selasa, 15/11/2022) tim Sportstars.id sudah merangkum unsur-unsur gerakan pada bulu tangkis yang harus kita ketahui bersama-sama. Berikut penjelasannya.

Unsur-Unsur Gerakan Pada Bulu Tangkis

Cara Memegang Raket Bulu Tangkis

Cara memegang raket merupakan salah satu hal yang wajib dimengerti oleh siapapun yang ingin memainkan olahraga ini. Hal ini wajib diketahui karena merupakan salah satu hal yang mempengaruhi hasil pukulan bola saat pertandingan.

Berikut adalah cara memegang raket dalam permainan bulu tangkis:

  • Forehand Grip
    Raket dipegang seperti sedang menjabat tangan, kemudian bentuk “V” tangan diletakkan pada bagian gagang raket. Selanjutnya jari lainnya menggenggam raket.

  • Backhand Grip
    Raket dipegang dengan mengarahkan kepala raket agak menyamping, kemudian ibu jari sedikit terpisah dari ke - 4 (empat) jari lainnya. Kemudian, ke - 4 (empat) jari lainnya memegang raket dengan erat.
 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1890 seconds [13]