Liga Indonesia | Detail

Unggah Postingan Bareng Shin Tae-yong di Medsos, Kode Marc Klok Gabung Timnas Indonesia?

Rifqi Herjoko
Jum'at, 14 Januari 2022, 18:30 WIB
Unggah Postingan Bareng Shin Tae-yong di Medsos, Kode Marc Klok Gabung Timnas Indonesia?
Marc Klok saat bertemu dengan Shin Tae-yong (Instagram)

DENPASAR – Pemain naturalisasi Indonesia, Marc Klok, mengunggah postingan terbaru bersama pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Lantas, apakah itu merupakan kode keras bagi sang pemain untuk segera bergabung ke timnas Indonesia?

Seperti diketahui, Klok resmi dinaturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) pada 12 November 2020. Namun demikian, dia belum bisa langsung dimainkan oleh timnas Indonesia karena terganjal aturan dari FIFA.

Pria kelahiran Amsterdam, Belanda, itu tidak bisa menunjukkan bukti berupa dokumen tertulis bahwa dia memiliki darah keturunan Indonesia. Akibatnya, penggawa Persib Bandung itu diproses melalui opsi yang tercantum di poin 2 artikel 7 FIFA.

Shin Tae-yong dan Marc Klok berbincang di tribun penonton saat Persib Bandung hadapi Bali United (Foto: Instagram/Marcklok)

Dalam poin tersebut tercantum bahwa seorang pemain harus tinggal selama lima tahun di wilayah asosiasi untuk dapat dinaturalisasi. Itu berarti, dia harus menunggu selama enam bulan sebelum dapat memperkuat timnas Indonesia. Dia baru diizinkan bergabung bersama tim Garuda pada April 2022.

Kini, penantian sang gelandang hampir usai. Terbaru, Klok terlihat bertemu pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong di tribun Stadion I Gusti Ngurah Rai Bali saat laga Liga 1 tengah digelar.

Menariknya, pria berusia 28 tahun itu mengunggah momen tersebut di postingan terbarunya. Klok juga mencantumkan caption yang seolah memberikan kode keras terkait bergabungnya dia ke timnas Indonesia.

“Sangat bersemangat mendengar proyek selanjutnya dari pelatih @shintaeyong7777,” ujarnya pada akun @marcklok Jumat (14/1/2022).

Lantas, apakah itu berarti dia akan segera bergabung ke timnas Indonesia pada tahun ini? Adapun turnamen yang berpotensi menjadi ajang debutnya adalah Kualifikasi Piala Asia 2023.

Ajang itu digelar 8-14 Juni 2022. Dengan demikian, menarik untuk melihat apakah Klok benar-benar dipilih Coach Shin untuk bergabung ke Skuad Garuda nant

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.1176 seconds [12]