logo
F1 | Detail

Umumkan Pensiun, Ini Statistik Sebastian Vettel di F1

Wikanto Arungbudoyo
Kamis, 28 Juli 2022, 18:09 WIB
Umumkan Pensiun, Ini Statistik Sebastian Vettel di F1
Sebastian Vettel akan pensiun dari F1 di akhir Kejuaraan Dunia 2022 (Foto: Reuters/Molly Darlington)

KABAR Sebastian Vettel pensiun di akhir musim F1 2022 mengejutkan pencinta balap jet darat tersebut. Betapa tidak, pria berpaspor Jerman itu merupakan salah satu pembalap terbaik yang pernah hadir di F1.

Ya, Vettel resmi mengumumkan keputusan pensiun di akhir musim ini lewat video di akun Instagram-nya @sebastianvettel. Pembalap tim Aston Martin F1 Team itu menyebut keluarga sebagai alasan utamanya untuk pensiun.

“Keputusan untuk pensiun sangat sulit untuk saya ambil. Saya menghabiskan banyak waktu untuk memikirkannya,” kata Vettel, dikutip dari situs resmi Aston Martin F1.  

“Sangat jelas buat saya, sebagai seorang ayah, saya ingin menghabiskan lebih banyak waktu bersama keluarga,” imbuh pembalap berusia 34 tahun itu.

Sebastian Vettel empat kali juara dunia F1 bersama Red Bull Racing (Foto: Red Bull Racing)
Sebastian Vettel empat kali juara dunia F1 bersama Red Bull Racing (Foto: Red Bull Racing)

Vettel akan meninggalkan warisan yang sangat berharga buat para penggemar F1. Aksi-aksinya di lintasan, serta perayaan jari telunjuknya, akan terekam abadi di ingatan. Apalagi, dia punya statistik yang mengagumkan. 

Memulai karier di F1 sejak 2007, Vettel hingga menjelang GP Hungaria 2022, telah mencatatkan 290 start. Dari total 290 start itu, Vettel meraih 53 kemenangan, 122 podium, dan 57 pole position. Total poin yang sudah dikoleksinya hingga detik ini adalah 3.076. 

Sepanjang kariernya, Vettel pernah membela lima tim. Debutnya dilakukan bersama BMW Sauber pada F1 2007, tepatnya di GP Amerika Serikat (AS). Kala itu, dia mencatatkan rekor sebagai pencetak poin termuda di ajang F1 pada usia 20 tahun.

 

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1942 seconds [12]