logo
Bola Lainnya | Detail

Ukuran Luas Lapangan Sepak Bola Standar FIFA

Tim Sportstars
Jum'at, 23 September 2022, 15:04 WIB
Ukuran Luas Lapangan Sepak Bola Standar FIFA
Lapangan ABC di kawasan Gelora Bung Karno, Senayan, sering dipakai Timnas Indonesia untuk latihan (Foto: Situs resmi GBK)

JAKARTA - Ukuran luas lapangan sepak bola standar FIFA perlu diketahui untuk lebih memahami regulasi olahraga ini. 

Sepak bola merupakan permainan yang dimainkan oleh 2 regu didalam sebuah lapangan. Lapangan sepak bola berbentuk persegi panjang, setiap tempat ada garis berwarna putih sebagai batas area permainan. Pada lapangan sepak bola, terdapat gawang di kedua ujung lapangan yang merupakan tempat untuk untuk mencetak gol.

FIFA sebagai induk organisasi sepak bola sudah menetapkan aturan mengenai ukuran luas lapangan sepak bola agar menjadi standar di sebuah pertandingan resmi.

Ukuran Luas Lapangan Sepak Bola

Lapangan sepak bola standar FIFA memiliki ukuran panjang 100x110 meter dan memiliki lebar lapangan 64-75 meter. Pada tengah lapangan, terdapat lingkaran yang berukuran 9,15 meter.

Pada lapangan sepak bola terdapat area garis penalti yang merupakan kawasan kiper, biasa disebut dengan kawasan garis 16 belas. Apabila terjadi pelanggaran di dalam garis 16, pihak musuh yang dilanggar mendapat kesempatan melakukan tendangan penalti untuk mencetak gol .

Area garis penalti harus memiliki panjang 5,5 meter dan lebar 18,32 meter dengan tinggi gawang 2.44 meter. Garis penalti merupakan sebuah garis kotak yang dekat dengan kotak kiper dengan ukuran panjang 40 meter dan lebar 16,5 meter.

Saat ini, lapangan sepak bola di indonesia masih banyak yang belum memenuhi standar FIFA. Perbedaannya hanya terletak pada ukuran panjang luas lapangan saja.

Itulah informasi mengenai ukuran luas lapangan sepak bola. Semoga bermanfaat. (Rahmatul Fajri)
 

Editor : Abdul Haris

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.2194 seconds [13]