Ragam Lainnya | Detail

Ukuran Lapangan Sepak Takraw Standar Nasional dan Internasional

Tim Sportstars
Rabu, 11 Mei 2022, 11:49 WIB
Ukuran Lapangan Sepak Takraw Standar Nasional dan Internasional
Sepak Takraw memiliki standar ukuran lapangan level internasional dan nasional

JAKARTA- Sepak takraw diketahui memiliki ukuran lapangan standar internasional dan standar nasional yang tidak jauh berbeda. Ukuran lapangan sepak takraw sendiri sangat berbeda dengan ukuran lapangan dari olahraga sepak bola atau voli. Standar ukuran lapangan dan net menjadi sangat penting agar tercipta rasa kesatuan dan kekompakan dimanapun olahraga sepak takraw dimainkan khususnya di Indonesia.

Berikut penjelasan lengkap dari Sportstars.id mengenai ukuran lapangan sepak takraw standar nasional dan internasional. Yuk simak!

Pengertian Sepak Takraw

Mengutip dari buku Sejarah dan Teknik dasar permainan sepak takraw menjelaskan bahwa Sepak takraw merupakan permainan yang dimainkan oleh dua tim. Setiap tim akan terdiri dari 3 pemain. Dimana ketiga pemain tersebut memiliki tugas dan peran masing-masing. Seperti pemain yang bertugas sebagai server di tengah lapangan yang disebut sebagai tekong. 

Kemudian dua pemain lainnya bertugas sebagai feeder dan striker. Feeder adalah pemain yang berada di sebelah kiri dalam sedangkan striker berada di sebelah kanan dalam.Feeder dan striker bertugas untuk mengolah bola di lapangan dan memberikannya kepada tekong yang berdiri di tengah. Olahraga sepak takraw ini diketahui sudah muncul sejak 500 tahun lalu di zaman Kesultanan Melayu pada 634-713 M. Pada saat itu, sepak takraw dikenal dalam bahasa Melayu sebagai sepak rago.

Ukuran Lapangan Sepak Takraw

Panjang dari lapangan sepak takraw berukuran 13,40 m dan untuk lebar lapangan sepak takraw berukuran 6,10 m atau 44 kaki x 20 kaki. Apabila sepak takraw dilakukan di lapangan indoor, maka tinggi lapangan indoor minimal berukuran 8 m dari permukaan lantai lapangan. Lantai lapangan harus terbuat dari kayu demi mendukung keluwesan para pemain saat pertandingan berlangsung.  

Kondisi lapangan sepak takraw dibagi dua dengan menggunakan centre line atau garis tengah dengan ukuran 2 cm. Pada setiap pinggir garis tengah atau center line, dibuat setengah lingkaran yang masuk ke dalam lapangan pertandingan dengan jari-jari sekitar 90 cm. Sehingga terlihat ada pola empat buah seperempat lingkaran di dalam lapangan. 

Pertama, lingkaran untuk servis dibuat di tengah. Masing-masing area memiliki ukuran 30 cm untuk jarak dari belakang lapangan, sehingga 2,45 m dan 4,25 m dari garis tengah lapangan dan 2,05 m dari samping lapangan. Lingkaran tersebut memiliki tebal garis 6-8 cm. Kedudukan tiang net mengambil jarak 30 cm dari garis tepi lapangan karena ujung pangkal garis tengah permainan.

Ukuran Lapangan Sepak Takraw Standar Internasional dan Nasional

Pada pertandingan untuk olimpiade atau perlombaan internasional lainnya, lapangan pertandingan harus bebas dari halangan minimal 3 m sejak dari luar lapangan. Penggunaan net sepak takraw harus dari bahan nilon atau benang kuat dengan lubang jaring sebesar 6-8 cm. Aturan panjang net berukuran 6,10 m dengan lebar 70 cm. Net juga harus diberi pita pada bagian atas sebesar 5 cm. Tiang Net memiliki tinggi 1,55 m, terbuat dari besi dengan diameter sebesar 4 cm. 

Berbeda dengan perlombaan resmi nasional untuk Putra, pada tepinya harus setinggi 1,55 m dan di tengah setinggi 1,52 m. Kemudian untuk Putri, pada tepi setinggi 1,45 m, dan di tengah setinggi 1,42 m. Dengan berbagai standar ukuran seperti itu maka akan memudahkan penyebaran olahraga sepak takraw dan bisa digemari setiap generasi masyarakat dunia.

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1522 seconds [13]