logo
Bola Lainnya | Detail

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional dan Internasional

Johana Joy Artamira
Jum'at, 22 April 2022, 21:57 WIB
 Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional dan Internasional
Ukuran lapangan futsal yang digunakan menggelar pertandingan AFF Futsal Championship 2022 sudah memenuhi standar. (Foto: ASEAN Football)

JAKARTA – Futsal adalah suatu olahraga yang dimainkan dua tim dengan jumlah lima pemain dalam satu timnya. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Tujuan dari olahraga futsal ini adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan.

Futsal juga diminati banyak orang termasuk di Indonesia. Olahraga ini dipopulerkan di Montevideo, Uruguay oleh Juan Carlos Ceriani sekitar tahun 1930 kemudian mendapat perhatian di seluruh Amerika Selatan, terutama Brasil.

Bagi kalian para pecinta olahraga futsal, belum lengkap rasanya jika belum mengetahui tentang ukuran lapangan futsal. Berikut ini adalah ulasan tentang ukuran lapangan futsal.

Ukuran Lapangan Futsal dan Gambarnya

Diketahui dari berbagai sumber, bentuk lapangan futsal adalah persegi panjang. Ukuran panjang lapangan futsal yakni minimal 25 meter hingga maksimal 42 meter dengan lebar minimal 15 hingga maksimal 25 meter. Namun ukuran tersebut berbeda dengan standar ukuran futsal internasional dimana panjangnya adalah minimal 38 meter hingga maksimal 42 meter dan lebarnya minimal 18 meter hingga maksimal 25 meter persegi.

Pada lapangan futsal, ada garis pembatas lapangan. Garis tersebut berupa garis gawang dan garis samping. Garis pembatas ini memiliki lebar yang mencapai hingga 8 centimeter. Kemudian, lapangan futsal terbagi menjadi dua bagian dengan garis tengah. Masing – masing bagian memiliki ukuran yang sama.

Lalu terdapat titik tengah pada tengah – tengah lapangan. Selain itu, ada juga garis melingkar dengan titik pusat yang memiliki jari – jari 3 meter.

Ukuran lapangan futsal standar nasional.

1. Gawang

Sebagai informasi, lapangan futsal pun harus ditunjang dengan adanya gawang dan area penalti yang juga mengikuti peraturan. Mengenai gawang, jaring pada gawang terbuat dari bahan nilon. Gawang ditempatkan pada tengah garis gawang yang sudah ada. 

Lebar gawang adalah 3 meter dan tingginya 2 meter ke lantai. Standar bentuk gawang adalah lingkaran serta kotak. Namun, sebaiknya menggunakan bentuk lingkaran supaya lebih aman jika terkena pantulan bola. Gawang memiliki kedalaman yang mencapai 80 centimeter dan bagian bawahnya adalah 100 centimeter.

2. Area Pinalti 

Sementara, area penalti dibuat dengan adanya dua garis seperempat lingkaran yang memiliki jari – jari yaitu 6 meter. Setiap ujung garis ini menempel pada garis gawang. Pada kedua ujung garis tersebut ada garis lurus yang berfungsi sebagai penghubung, panjangnya adalah 3,16 meter.

Itulah tadi informasi mengenai ukuran lapangan futsal. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.
 

Editor : Maruf

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS


/ rendering in 0.1753 seconds [13]