Ragam Lainnya | Detail

Ukuran Kolam Renang Standar Nasional dan Internasional Lengkap

Sulthan Muafa
Selasa, 14 Juni 2022, 13:32 WIB
Ukuran Kolam Renang Standar Nasional dan Internasional Lengkap
Kolam renang memiliki standar ukuran nasional dan internasional. (PB PON XX Papua/Husni Yamin)

JAKARTA-Ukuran kolam renang standar nasional dan internasional wajib diketahui bagi para pecinta olahraga air ini. Renang merupakan salah satu jenis olahraga yang mampu menyehatkan kondisi tubuh dengan melakukan gerakan dari ujung kaki hingga kepala.

Selain itu berenang juga mengandung manfaat sekaligus obat terapi bagi yang mencicipinya. Sehingga renang bisa dikatakan olahraga yang sangat diminati bagi khalayak umum.

Maka dari itu renang sering mengadakan beberapa kejuaraan, baik di tingkat nasional maupun Internasional. Pada dasarnya olahraga yang satu ini dikaitkan dengan kolam renang yang bakal di jajalnya.

Kali ini, Sportstars akan menjelaskan ukuran dari sebuah kolam renang di tingkat nasional maupun Internasional. Berikut ulasannya: 

Ukuran kolam renang standar nasional dan internasional

Ukuran Kolam Renang Standar Nasional

Dalam segi ukuran kolam renang di tingkat nasional biasanya harus memenuhi syarat standar dari induk organisasi tanah air yaitu Persatuan Renang seluruh Indonesia (PRSI). Berikut ukuran kolam renang standar nasional:

  1. Panjang Kolam renang: 50 m
  2. Lebar kolam renang: 25 m
  3. Segi kedalaman kolam renang minimal 1,35 meter 
  4. Lebar dari lintasan kolam renang mencapai 2,5 m
  5. Jumlah lintasan kolam renang sebanyak 8 
  6. Temperatur air di dalam kolam renangnya harus sesuai  25° C – 28° C

Ukuran Kolam Renang Standar Internasional

Selain itu berbeda dari nasional, selanjutnya mengenai ukuran kolam renang pada tingkat Internasional harus sesuai yang dianjurkan oleh Federation Internationale de Nation (FINA). Berikut rangkuman singkat dari ukuran standar Internasional: 

  1. Panjang kolam renangnya sekitar 50 m
  2. Lebar dari kolam renang mencapai 25 m
  3. Lebar dari jarak lintasan kolam renangnya sebesar 2,5 m
  4. Sedangkan jumlah lintasan kolam renangnya sebanyak 8 

Perihal kedalaman kolam renang dari Internasional ini paling minimum 1,35 meter. dengan diawali 1,0 m pada lintasan bagian pertama hingga paling sedikit sekitar 6,0 m berlaku di masing kolam renangnya terdapat balok di start.

Berikut tadi adalah informasi mengenai ukuran kolam renang standar nasional dan Internasional. Semoga bermanfaat bagi para pembaca.
 

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1598 seconds [13]