logo
Hobi | Detail

Ukuran Gawang Futsal Standar Internasional

Tim Sportstars
Kamis, 15 September 2022, 16:30 WIB
Ukuran Gawang Futsal Standar Internasional
Ukuran gawang futsal sudah diatur dan memiliki standar internasional. (Foto: B2Sport)

JAKARTA - Tahukah kamu berapa ukuran gawang futsal standar internasional? Pengetahuan ini perlu diketahui jika kamu ingin menggelar turnamen futsal

Futsal merupakan olahraga yang dimainkan dua regu yang masing-masing beranggotakan lima orang pemain. Pada permainan ini, chemistry satu tim punya peran penting untuk memenangkan sebuah pertandingan .

Bermain futsal mempunyai tujuan untuk memasukan bola ke gawang lawan sebanyak-banyaknya, dan meminimalisir kebobolan ke gawang sendiri. Stamina dan teknik menjadi hal yang paling mendasar agar bermain dengan baik.

Selain itu ada aturan-aturan dalam permainan futsal yaitu, ukuran gawangnya yang telah ditentukan secara internasional. Simak berapa sih ukuran gawang futsal standar internasional. 

Ukuran Gawang Futsal

Gawang futsal terdiri dari dua buah tiang sejajar dengan posisi vertikal dan memiliki jarak yang sama dari setiap sudut. Pada sisi bagian atas dihubungkan dengan tiang horizontal. Gawang futsal ini harus diletakkan pada bagian tengah masing-masing garis gawang dengan tepat. 

Kedalaman gawang dari ujung bagian dalam dari posisi gawang langsung menuju ke arah sisi luar lapangan, paling sedikit 80 cm di bagian atas, serta 100 cm pada bagian bawah.

Tiang vertikal serta horizontal masing-masing memiliki diameter 8cm. Jarak kedua tiang vertikal atau lebar gawang adalah 3 meter diukur dari bagian dalam tiang, jarak dari sisi bawah tinggi gawang adalah 2 meter yang diukur dari bagian dalam tiang palang atas gawang ke lantai.
 
Itulah ukuran gawang futsal standar internasional. Semoga bermanfaat! (Rahmatul Fajri)
 

Editor : Abdul Haris

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1671 seconds [12]