Bola Lainnya | Detail

UEFA Buka Penyelidikan Kasus Rasisme Suporter Remaja Sparta Praha Kepada Pemain Glasgow Rangers

Quadiliba Al-Farabi
Rabu, 06 Oktober 2021, 04:00 WIB
UEFA Buka Penyelidikan Kasus Rasisme Suporter Remaja Sparta Praha Kepada Pemain Glasgow Rangers
Slogan Say no to racism UEFA (Foto; UEFA.com)

PRAHA – Asosiasi Sepak Bola Eropa (UEFA) bergerak untuk menyelidiki kasus rasisme yang menyerang gelandang Glasgow Rangers Glen Kamara pada Rabu (6/10/2021). Kamara menjadi korban rasisme para pendukung klub asal Republik Ceko, Sparta Praha.

Kejadiannya terjadi ketika Sparta Praha menjamu Glasgow Rangers di Generali Arena, Republik Ceko, Kamis 30 September 2021 lalu. Laga yang dimenangkan Praha dengan skor 1-0 ini merupakan lanjutan Liga Eropa 2021-2022.

Selama pertandingan, Glen Kamara yang berkulit hitam selalu mendapatkan sorakan dari para pendukung Praha yang didominasi remaja. Sorakan itu bernada diskriminatif dan rasis.

Padahal sebenarnya penggemar Praha dilarang masuk Stadion karena sedang mengalami hukuman atas kasus yang sama. Mereka sempat melakukan pelecehan rasis kepada pemain AS Monaco pada Kualifikasi Liga Champions Agustus lalu.

Namun, UEFA melonggarkan hukuman itu dengan mengizinkan 10.000 anak sekolah untuk hadir di stadion saat itu. Luput dari perhatian, anak-anak di kisaran 14 tahun itu justru meneruskan sentiment para pendukung dewasanya.

Apalagi pemain yang dituju adalah Kamara yang mana sempat bermasalah dengan pemain Praha, Ondrej Kudela pada Maret lalu. Saat itu, Kudela juga menghina Kamara dengan nada rasis. Tapi setelah itu, Kudela langsung dihukum larangan bermain untuk Timnas Ceko di Piala Eropa 2020.

Pengacara Kamara, Aamer Anwar melihat ada masalah mengakar terkait rasisme di Republik Ceko. Lebih lagi, ia melihat ketidakbecusan UEFA dalam mengantisipasi kejadian serupa terulang lagi.

Akhirnya, UEFA berinisiatif mengeluarkan pernyataan akan menyelidiki kasus tersebut. Dikutip dari laman Sky Sports, sebuah pernyataan dari UEFA mengatakan:

"Sesuai dengan Pasal 31(4) Peraturan Disiplin UEFA, Inspektur Etika dan Disiplin UEFA telah ditunjuk untuk melakukan penyelidikan disipliner mengenai potensi insiden diskriminatif yang diduga terjadi selama grup Liga Eropa UEFA 2021/22. -pertandingan tahap antara AC Sparta Praha dan Rangers FC dimainkan pada 30 September 2021,”

"Informasi tentang masalah ini akan tersedia pada waktunya”.

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.3746 seconds [13]