logo
Sportainment | Detail

Tur Trofi Piala AFF Akan Sambangi 5 Kota, Termasuk Jakarta Pada November

Quadiliba Al-Farabi
Rabu, 21 September 2022, 13:57 WIB
Tur Trofi Piala AFF Akan Sambangi 5 Kota, Termasuk Jakarta Pada November
Trofi Piala AFF sudah enam kali digenggam oleh Timnas Thailand (Foto: Situs resmi Piala AFF)

FEDERASI Sepak Bola ASEAN (AFF) akan kembali menggelar Trophy Tour Piala AFF setelah terakhir kali diadakan pada 2018 lalu. Trofi Piala AFF 2022 akan dipertontonkan di lima kota besar dari negara peserta.

Seperti diketahui, Piala AFF 2022 bakal digelar pada 23 Desember 2022–15 Januari 2023. Berbeda dari penyelenggaraan sebelumnya, ajang ini akan berlangsung dengan format home-away dari fase grup.

Indonesia sendiri sudah mengetahui tim-tim mana saja yang akan dihadapi. Tergabung dalam grup A, Skuad Garuda akan melawan Thailand, Kamboja, Filipina dan salah satu klub antara Brunei Darussalam dan Timor Leste.

Sementara di grup B akan tersaji persaingan sengit dari Vietnam, Malaysia, Singapura, Myanmar, dan Laos. Jadi secara total sebanyak 10 tim memperebutkan empat tempat untuk menuju ke babak Semifinal.

Suporter Timnas Thailand

Namun sekitar tiga bulan sebelumnya, penyelenggara bakal memamerkan trofi ajang itu lebih dulu ke lima kota di lima negara. Tujuannya untuk membangkitkan kegembiraan dan dukungan kepada negara mereka menjelang turnamen.

Tour akan dimulai pada 24 September di Bangkok, Thailand, berlanjut ke Singapura (15 Oktober), Kuala Lumpur, Malaysia (22 Oktober), Jakarta, Indonesia (26 November), sebelum berakhir di Ho Chi Minh Kota, Vietnam (3 Desember).

Nantinya tour ini akan dikemas dengan penampilan spesial dari para legenda sepak bola lokal. Selain itu, masyarakat bisa secara gratis berfoto dengan trofi dan legenda tersebut.

Berdasarkan rilis yang dibagikan AFF, baru diketahui bahwa Legenda Thailand Pipob Onmo yang akan berpartisipasi saat acara di Bangkok 24 September besok. Sementara di Indonesia dan negara lainnya, belum ada konfirmasi siapa legenda yang hadir.

“Kami terakhir mengadakan Tur Trofi Kejuaraan AFF pada 2018 dan melihat respons yang luar biasa dari para penggemar di setiap kota yang kami kunjungi. Sangat tepat bagi kami membawa inisiatif ini kembali yang akan menghadirkan kesempatan unik bagi para penggemar untuk merasa terhubung dengan turnamen khusus ini, ”kata Presiden AFF, Khiev Sameth.

Selain Trophy Tour, AFF dan pihak yang terlibat akan bekerja sama dengan mitra amal lokal untuk menyelenggarakan CSR Football Clinics. Di sana para legenda sepak bola lokal akan melatih anak-anak kurang mampu di masing-masing dari lima negara.
 

Editor : Furqon Al Fauzi

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1641 seconds [13]