MotoGP | Detail

Tulisan Terima Kasih Vale Muncul di Motor Valentino Rossi Jelang Pensiun

Wikanto Arungbudoyo
Minggu, 14 November 2021, 22:26 WIB
Tulisan Terima Kasih Vale Muncul di Motor Valentino Rossi Jelang Pensiun
Petronas Yamaha SRT membubuhkan tulisan ‘Terima Kasih Vale‘ di motor milik Valentino Rossi (Foto: Twitter/@sepangracing)

VALENCIA – Tulisan ‘Terima Kasih Vale’ mencuri perhatian warganet usai lomba MotoGP Valencia 2021, yang sekaligus jadi balapan terakhir Valentino Rossi. Kalimat dalam Bahasa Melayu itu tertera pada bodi motor YZR M-1 yang ditunggangi The Doctor

“Terima kasih Vale dari kami semua,” cuit Tim Petronas Yamaha SRT via akun Twitter @sepangracing, seraya mengunggah foto, Minggu (14/11/2021) malam WIB. 

Ya, MotoGP Valencia 2021 di Sirkuit Ricardo Tormo, Spanyol, menjadi balapan terakhir yang diikuti Rossi di kelas premier. Pembalap asal Italia itu sukses finis ke-10 usai melakoni 27 putaran. Itu menjadi sebuah perpisahan manisnya setelah 25 tahun wara-wiri di lintasan balap. 

Petronas Yamaha SRT tentu tidak mau melewatkan kesempatan spesial tersebut. Apalagi, tim asal Malaysia itu mendapat keistimewaan tersendiri sebagai tempat Rossi mengakhiri karier balapnya. Karena itu, mereka menampilkan tulisan ‘Terima Kasih Vale’ di sisi kanan bagian ekor motor. 

Valentino Rossi dielu-elukan penggemarnya di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, usai menjalani balapan terakhirnya (Foto: Reuters/Pablo Morano)
Valentino Rossi dielu-elukan penggemarnya di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, usai menjalani balapan terakhirnya (Foto: Reuters/Pablo Morano)

Sekadar informasi, Tim Petronas Yamaha SRT dimiliki oleh pengusaha asal Malaysia, Razlan Razali. Tim tersebut baru dibentuk pada 2019 silam. 

Rossi sendiri mulai memperkuat Petronas Yamaha SRT untuk MotoGP 2021 setelah terdepak dari tim pabrikan Monster Energy Yamaha. Dia bertukar tempat dengan Fabio Quartararo yang kemudian menjadi juara dunia MotoGP 2021. 

Seiring berakhirnya MotoGP Valencia 2021, maka tidak ada lagi Rossi di paddock MotoGP. Pembalap kelahiran Tavullia itu menorehkan catatan 432 kali start di tiga kelas berbeda. Dari 432 kali start tersebut, Rossi merebut 115 kemenangan, 235 kali podium, dan 65 pole position sepanjang karier pada 1996-2021. 

Sembilan gelar juara dunia berhasil dikoleksinya pada kurun 1996-2021. Khusus di kelas MotoGP, catatan Rossi menjadi 89 kemenangan, 199 podium, dan tujuh gelar juara dunia. Sekali lagi, Terima Kasih Vale dari kami semua!

Editor : Wikanto Arungbudoyo

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.8381 seconds [13]