logo
Ragam Lainnya | Detail

Tujuan Utama Melakukan Awalan dalam Lompat Jangkit

Tim Sportstars
Senin, 12 Desember 2022, 16:05 WIB
Tujuan Utama Melakukan Awalan dalam Lompat Jangkit
Cara melakukan lompat jangkit harus dipelajari dengan benar. (Foto: Twitter @@Utah_trackfield)

JAKARTA - Tujuan utama melakukan awalan dalam lompat jangkit penting diketahui. Dalam bukunya, Tamsir Riyadi mengemukakan, lompat jangkit sering disebut sebagai lompat tiga. Dikatakan lompat tiga karenakan pada saat melaksanakan pelompat harus melakukan gerakan hop, step, dan jump

Lompat jangkit termasuk ke dalam nomor cabang atletik, perlombaannya hampir sama dengan perlombaan lompat jauh. Namun, melibatkan gerakan jingkat (hop), langkah (step) dan melompat (jump), dimana pelompat berlari menyusuri jalur awalan dan melakukan satu jingkatan (hop), satu langkah (step) dan lalu melompat (jump) ke dalam kotak pasir. 

Di dalam lompat jangkit sebenarnya terjadi tiga kali tolakan, tiga kali melayang di udara, dan tiga kali pendaratan. Jarak hasil lompatan diukur dari kumulatif ketiga gerakan lompat jangkit yang terdiri dari hop, step, jump.  Lompat jangkit memiliki banyak manfaat. 

Ukuran lapangan lompat jangkit dan gambar lengkapnya (Foto: Istimewa)

Dapat memperkuat otot kaki sehingga kaki akan sehat, menghilangkan racun-racun dalam tubuh, menyeimbangkan tubuh karena ketika olahraga lompat jangkit otak akan terlatih untuk mensinkronisasikan kerja tubuh khususnya antara kaki dan tangan, tubuh akan tumbuh tinggi sebab pada dasarnya dengan olahraga lompat dapat membuat tubuh seseorang tinggi, dan sebagainya.

Untuk melakukan lompat jangkit kalian harus menguasai beberapa teknik dasar, yaitu lari awalan, jingkat (hop), langkah (step), lompatan (jump) dan mendarat. Setiap teknik memiliki langkahnya masing-masing yang harus dipelajari dan juga setiap teknik memiliki tujuannya masing-masing. Untuk itu, harus diperhatikan dan dipelajari dengan benar teknik lompat jangkit.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1848 seconds [13]