logo
Ragam Lainnya | Detail

Tujuan Gerak Elakan dalam Pencak Silat, Mari Simak Uraiannya!

Tim Sportstars
Rabu, 09 November 2022, 20:20 WIB
Tujuan Gerak Elakan dalam Pencak Silat, Mari Simak Uraiannya!
Tujuan utama mempelajari pencak silat sangat tergantung kebutuhan masing masing individu. (Foto: kwriu.kemdikbud)

JAKARTA - Berikut adalah tujuan tujuan gerak elakan dalam olahraga pencak silat. Pencak silat merupakan seni bela diri yang berasal dari Indonesia. 

Dalam pencak silat, terdapat beberapa gerakan untuk menyempurnakan seni bela diri tersebut. Salah satu gerakannya adalah gerakan elakan. Gerak elakan merupakan bentuk dari pembelaan dasar. Pembelaan dalam pencak silat termasuk ke dalam prinsip utama yang penting dan salah satu teknik yang harus dikuasai oleh para pesilat.

Untuk melakukan gerak elakan para pesilat harus pandai membaca situasi dan kondisi serta langkah yang dibuat oleh musuh. Gerakan ini dilakukan dengan cara kaki yang tidak berpindah tempat maupun kembali ke tempat semula.

Gerak elakan dapat menjadi pilihan yang baik ketika kita dalam kondisi kuda-kuda atau tangan tidak siap menangkis. Gerak ini juga bermanfaat ketika kita melawan seorang yang lebih kuat, maupun serangan yang datang secara tiba-tiba.

Berdasarkan beberapa sumber, (Jum’at. 4/11/2022) tim Sportstars.id sudah merangkum mengenai tujuan gerak elakan dalam pencak silat yang dapat kita ketahui bersama-sama

Tujuan Gerak Elakan dalam Pencak Silat

Berdasarkan beberapa sumber, terdapat beberapa tujuan dari gerak elakan dalam seni bela diri pencak silat. Tujuannya adalah sebagai berikut:

1. Untuk menghindari serangan yang dilakukan oleh pihak lawan, baik melalui pukulan maupun tendangan.
2. Untuk menghindari serangan pukulan maupun tendangan tanpa melakukan kontak langsung.
3. Untuk menghindari diri dari serangan lawan sekaligus untuk menyerang balik lawan.

Seperti itulah uraian mengenai tujuan gerak elakan dalam pencak silat. Selamat melakukan bela diri pencak silat! (Rizke Robiatul Alawiah)

Editor : Admiraldy Eka Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1779 seconds [12]