Ragam Lainnya | Detail

Tujuan Awalan Lompat Jauh yang Perlu Anda Ketahui

Rifqi Herjoko
Jum'at, 10 Juni 2022, 22:32 WIB
Tujuan Awalan Lompat Jauh yang Perlu Anda Ketahui
Olahraga Lompat Jauh (Foto: Shutterstok)

JAKARTA – Tujuan awalan lompat jauh penting untuk diketahui bagi anda yang ingin mendalami olahraga ini. Awalan yang dilakukan dengan baik dapat membantu Anda menghasilkan lompatan lebih maksimal.

Sebagai informasi, lompat jauh adalah gerakan melompat ke depan atas yang berusaha membawa badan selama mungkin di udara. Gerakan tersebut dilakukan dengan cepat melalui teknik awalan dan tolakan yang baik.

Lompat jauh adalah salah satu cabang olahraga atletik. Olahraga tersebut menggabungkan kecepatan, kekuatan, dan kelincahan dari seseorang. Sasaran lompat jauh adalah untuk mencapai jarak lompatan sejauh mungkin ke bak lompat.

Menariknya, lompat jauh ternyata sudah ada sejak 13 abad yang lalu. Bangsa Yunani gemar melakukan olahraga tersebut sejak 708 masehi.

Lompat jauh pun mulai menjadi bagian dari cabang olahraga Olimpiade pada 1896. Olahraga tersebut terus dipertandingkan di ajang bergengsi dunia tersebut hingga kini.

Pada lompat jauh, awalan memegang peranan penting demi mendukung lompatan agar lebih maksimal. Dilansir dari buku Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (2019) terbitan Kemendikbud, awalan adalah gerakan permulaan berbentuk lari untuk mencapai kecepatan sebelum melakukan tolakan.

Awalan berguna untuk mendapatkan kecepatan yang semaksimal mungkin sebelum seorang atlet mencapai balok tolakan. Adapun panjang awalan yang akan ditempuh pada lompat jauh sekitar 45 meter.

Setiap gerakan awalan harus selalu bertumpu pada balok agar atlet dapat memperoleh hasil lompatan yang maksimal. Setelah mengetahui informasi ini, Anda diharapkan dapat mempelajari awalan dengan baik demi mencapai lompatan maksimal.

Editor : Saliki Dwi Saputra

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1318 seconds [12]