logo
Basket | Detail

Tugas Point Guard Permainan Bola Basket: Penjelasan Lengkap!

Okta Novanto
Minggu, 25 September 2022, 03:15 WIB
Tugas Point Guard Permainan Bola Basket: Penjelasan Lengkap!
Stephen Curry salah satu point guard terbaik di NBA saat ini (Foto: REUTERS).

JAKARTA - Tugas point guard permainan bola basket sangat vital karena di tangannya tempo permainan dapat dikendalikan.Olahraga ini pertama kali diciptakan oleh seorang guru olahraga bernama James Naismith pada tahun 1891.

Dibutuhkan dua tim yang masing-masing beranggotakan lima orang untuk memainkan permainan olahraga ini. Tujuan dari olahraga bola basket ini adalah memasukkan bola basket sebanyak-banyaknya ke dalam keranjang lawan. 

Dalam gameplaynya setidaknya ada lima posisi yang mendapatkan tugas masing-masing yaitu center, point guard, small forward, power forward, dan shooting guard.

Bagaimana tugas point guard permainan bola basket? Berikut informasinya telah Sportstars.id rangkum dari berbagai sumber;

Tugas Point Guard Permainan Bola Basket

Posisi Point Guard memiliki tugas untuk menjaga irama permainan tim. Point guard bisa disebut seorang playmaker dalam bola basket. Pemain point guard ini juga bertugas melakukan passing kepada rekan setim dan mencari peluang mencetak angka. 

Berikut adalah tugas Point Guard:

  1. Passing

Washington Wizards vs Golden State Warriors

Setiap point guard diwajibkan memiliki akurasi passing yang mumpuni serta dapat membaca ruang-ruang kosong dari lawan sehingga mampu menciptakan serangan yang efektif lewat passingnya.

  1. Handling

Point guard Brooklyn Nets Kyrie Irving (11) beraksi saat menghadapi Atlanta Hawks pada laga lanjutan wilayah barat NBA 2021-2022 di State Farm Arena, Atlanta, Sabtu (2/4/2022). (Foto: REUTERS)

Handling dan dribbling merupakan kemampuan yang harus dimiliki seorang PG. Karena mereka kerap mendapatkan penjagaan ketat karena dianggap krusial dalam penciptaan serangan atau counter attack.

  1. Shooting dan Scoring

Point Guard Phoenix Suns Chris Paul (3) melakukan lay up kontra Milwaukee Bucks pada gim keempat Final NBA 2021 di Fiserv Forum, Kamis (15/7/2021) pagi WIB. (Foto: REUTERS)

Meski point guard terkenal sebagai playmaker, namun ia dituntut juga untuk dapat melakukan shooting. Justru jika di NBA, PG menjadi senjata utama dalam mencetak skor.

Hal ini karena forward seringkali dijaga sangat ketat, sehingga point guard bisa langsung melakukan shoot dari titik three point.

  1. Defensive

Point Guard Golden State Warriors Stephen Curry jadi bintang saat melibas Oklahoma City Thunder dengan skor meyakinkan 147-109 pada lanjutan NBA 2020-2021 di Chesapeake Energy Arena, Kamis (15/4/2021) WIB. (Foto: Twitter @warriors)

Point Guard memang selalu ada baik tim sedang menyerang ataupun bertahan. Ia dituntut untuk menjaga jantung pertahanan. Maka dari itu, kerap  PG harus bertemu dengan PG lawan untuk menghalau penetrasinya agar tidak berbuah poin.

  1. Transition

Stephen Curry berperan besar dalam kemenangan Golden State Warriors sementara Jayson Tatum bersinar untuk Boston Celtics (Foto: Reuters/Kyle Terada)

Tugas ini menjadi hal yang menarik, karena ia menjadi jembatan bagi pemain yang mendapatkan rebound kemudian disuplai kepada forward. Seringkali juga dibawa terlebih dahulu dengan cepat sebelum dilakukan passing. Karenanya PG selalu jadi aktor utama dari counter attack.

Demikian informasi mengenai tugas point guard permainan bola basket, semoga menambah wawasan bagi pembaca setia Sportstars.id .

Editor : Hafid Fuad

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1878 seconds [12]