logo
Netting | Detail

Tugas Pemain Tosser dalam Permainan Bola Voli sebagai Pengatur Strategi

Tim Sportstars
Selasa, 20 September 2022, 18:28 WIB
Tugas Pemain Tosser dalam Permainan Bola Voli sebagai Pengatur Strategi 
Pemain Voli memiliki tugas dan fungsi masing masing, termasuk pemain tosser yang bertugas sebagai pengatur serangan. (Foto: Facebook/SMM Volleyball)

JAKARTA  - Tugas pemain tosser dalam permainan bola voli merupakan hal dasar dalam bola voli yang perlu diketahui. Tosser merupakan sebutan dari salah satu posisi dalam bola voli. Dalam permainan bola voli, setiap orang memiliki peranan dalam posisi yang berbeda beda. 

Masing masing posisi tentu memiliki tujuan yang sama, yaitu mengatur strategi untuk meraih point atau skor sebanyak banyaknya. Posisi dalam permainan bola voli terdiri dari server/smasher, tosser, dan defender/liberio. 

Tidak hanya tugas pemain tosser saja, tugas tugas posisi lain juga perlu diketahui. Namun, kali ini Sportstars.id akan membahas seputar tugas pemain toser dalam permainan bola voli 

Tugas Pemain Tosser dalam Permainan Bola Voli. 

Pemain dengan posisi sebagai tosser bertugas sebagai pemberi umpan pada spiker/smasher untuk dapat mengatur serangan dalam sebuah tim.  Tosser merupakan orang yang melakukan pukulan bola kedua, dimana bola dari tosser diberikan kepada smasher untuk dipukulkan kearah pemain lawan. 

Seorang toser harus mengarahkan bola ke arah secara tepat. Tosser juga merupakan orang yang mengatur serangan sebelum akhirnya bola yang diberikan pada smasher dipukulkan. Kriteria orang yang disarankan untuk menepati posisi ini adalah orang yang menguasai teknik smash dan blocking dengan baik. 

Tidak hanya itu, seorang tosser/ set upper harus memiliki kecerdasan dalam memberikan variasi umpan agar tidak mudah terbaca oleh lawan. Kemampuan ini dapat membantu menyelamatkan tim.  Pemain tosser berada di depan net atau di tengah lapangan. 

Karenanya, tosser harus selalu siap memblok serangan lawan dan siap untuk berhadapan langsung dengan serangan lawan. Setiap posisi dalam pemain basket memiliki tugas dan oposisi yang sudah diatur sesuai porsinya masing masing.
 
Tosser tidak bertugas sebagai penerima bola hasil servis. Kewajiban itu dipegang oleh librero. Posisi librero bertugas untuk menerima servis dari pemain lawan. Sebaliknya, librero tidak diperbolehkan untuk memberikan umpan, melakukan blok, hingga melakukan servis. (Nur Fitriani

Editor : Maruf

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1590 seconds [13]