logo
Tim Nasional | Detail

Tugas Besar Pengganti Park Hang-seo: Bawa Vietnam Lolos Piala Dunia 2026

Basudiwa Supraja
Sabtu, 21 Januari 2023, 11:40 WIB
Tugas Besar Pengganti Park Hang-seo: Bawa Vietnam Lolos Piala Dunia 2026
Momen Park Hang-seo pamit ke suporter Vietnam (Foto: REUTERS)

HANOI - Ada tugas besar yang akan diemban oleh pengganti Park Hang-seo sebagai pelatih kepala Timnas Vietnam. Pelatih baru tersebut diminta untuk bisa membawa Vietnam lolos ke Piala Dunia 2026.

Hal ini seiring dengan keterangan yang diutarakan oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino, saat penutupan Piala AFF 2022. Infantino menyebut-nyebut Vietnam berpotensi tampil di turnamen akbar empat tahunan tersebut.

Harapan itu kian terasa dengan format aturan baru Piala Dunia yang akan diterapkan pada edisi 2026 mendatang. FIFA akan mempertandingkan 48 tim dari yang biasanya hanya diikuti 32 kontestan saja.

"Piala Dunia akan diperluas menjadi 48 tim, jelas merupakan target yang bisa dicapai untuk negara-negara seperti Thailand dan Vietnam," ungkap Infantino di laman resmi FIFA, Kamis (19/1/2023).

Proyek ini lantas menjadi PR besar bagi pelatih baru Timnas Vietnam nanti. Terlebih sejauh ini Park Hang-seo telah berhasil membawa The Golden Star-julukan Vietnam- menjadi satu-satunya tim ASEAN yang berada di peringkat 100 besar FIFA Ranking.

Di bawah asuhan Park pula, Vietnam mampu lolos hingga putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu saat negara ASEAN lainnya telah gugur lebih awal. Selain mampu mengalahkan China 3-1, Vietnam juga nyaris menaklukkan Jepang sebelum akhirnya imbang 1-1 di ajang tersebut.

 

Follow Berita Sportstars di Google News

RECENT COMMENTS
/ rendering in 0.1910 seconds [12]