Liga Italia | Detail

Tragis! Chievo Verona Bangkrut dan Terdegradasi ke Serie D

Rifqi Herjoko
Senin, 23 Agustus 2021, 10:51 WIB
Tragis! Chievo Verona Bangkrut dan Terdegradasi ke Serie D
Chievo Verona terdegradasi ke Serie D (Foto: Instagram Chievo Verona)

CHIEVO – Kesedihan melanda sepak bola Italia. Klub tradisional asal Negeri Pizza itu, Chievo Verona, pasalnya harus terdegradasi hingga ke divisi empat. Hal itu disebabkan oleh masalah ekonomi yang dialami klub alias bangkrut.

Awalnya, petinggi Chievo ingin membangun kembali klub mulai dari bawah. Akan tetapi, mereka tidak dapat menemukan investor sebelum batas yang telah ditetapkan. Jadi, Chievo pun dihukum secara administratif oleh operator liga. Seharusnya, klub tersebut berlaga di Serie B, kasta kedua sepak bola Italia.

Terdepaknya Chievo tersebut ke kasta bawah menimbulkan rasa kecewa bagi sejumlah pihak. Salah satunya adalah mantan kapten Chievo yang telah pensiun, Sergio Pellissier. Dia tergabung dalam tim sejak 2002 hingga 2019.

Saking cintanya dengan Chievo, sang legenda klub juga membantu mencarikan sponsor serta investor yang akan membeli klub tersebut. Sayangnya, upaya dari Pellissier tersebut tak membuahkan hasil.

Masalah keuangan Chievo telah menukik tajam karena pandemi Covid-19. Oleh karena itu, Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) tidak mengizinkan pendaftaran klub yang berdiri tahun 1929 tersebut. Klub sempat mengajukan banding, namun TAR (Pengadilan Tata Usaha Daerah) menolaknya.

FIGC memberi tahu Chievo Verona bahwa klub dapat bersaing di Serie D (kasta keempat). Setelah dinyatakan pailit, Chievo akhirnya menghilang di akhir masa jabatan dan pemilik baru segera mengambil alih klub serta mulai berlaga di Serie D.

 

RECENT COMMENTS

/ rendering in 0.2115 seconds [12]